Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tips Agar Menjadi Live Game Streamer yang Sukses

Tips Agar Menjadi Live Game Streamer yang Sukses

Merasa percaya diri di depan kamera? Jago main game? Berarti kamu sudah memenuhi syarat mutlak menjadi seorang live game streamer.

Apa sih streamer game itu? Mereka adalah orang-orang yang bermain game sambil live streaming di Youtube ataupun Twitch. Sudah banyak lho gamers yang bisa sukses dengan cara live streaming game, salah satu contohnya PewDiePie.

Karena di zaman dengan teknologi seperti sekarang ini, seorang gamer tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Karena banyak dari mereka yang sukses berkat bermain game. Salah satu caranya dengan menjadi streamer game. Selain bisa menayangkan siaran langsung disaat kamu bermain game, kamu juga bisa mendapatkan uang dari kegiatan tersebut.

Mau seperti itu? Baca tips-tips dibawah ini, ya!

Persiapkan Alat

Tips Agar Menjadi Live Game Streamer yang Sukses

Jangan langsung tergiur dengan uang yang sudah didapat oleh para streamer game profesional ya. Mereka bisa seperti itu ya karena effort dan modal. Jadi langkah pertama untuk menjadi streamer game harus memiliki peralatan yang mumpuni.

Peralatan tersebut meliputi komputer/laptop gaming, lighting, kamera atau webcam HD, dan pastikan kamu memiliki speed internet yang cepat untuk upload dan download, sampai ke peralatan lain yang bisa mendukung proses streaming kamu.

Meskipun saya bilang harus modal, bukan berarti kamu harus membeli peralatan high-end. Ingat, sesuaikan peralatan dengan budget kamu. PewDiePie pun waktu pertama muncul hanya memakai webcam biasa.

Fokus Pada Satu Game

Tips Agar Menjadi Live Game Streamer yang Sukses

Pasti kamu punya satu game yang menjadi game favorit, entah itu game MOBA, olahraga, FPS, atau lainnya. Untuk menjadi seorang streamer, saya sarankan untuk menguasai salah satu game yang paling kamu bisa.

Jangan terbawa arus dengan streamer profesional, karena kamu akan kalah saing ditambah mereka sudah memiliki massa yang banyak. Maka dari itu, kuasai satu game. Apalagi kalau kamu bisa memainkan game yang jarang dimainkan streamer lain, bisa jadi poin plus tuh.

Buat Jadwal Konsisten

Tips Agar Menjadi Live Game Streamer yang Sukses

Konsisten adalah kunci, hal ini berlaku juga untuk menjadi seorang streamer yang ingin sukses. Kamu harus membuat jadwal streaming sendiri yang tidak mengganggu kegiatan lain. Nah di saat sudah menentukan jadwal, lakukan secara konsisten.

Di saat kamu memiliki jadwal yang konsisten, kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan penonton yang banyak karena konsisten juga bisa menunjukan tingkat keseriusan kamu. Banyak lho para streamer yang tidak “laku” karena kurang konsisten.

Membuat Ciri Khas yang Unik

pewdiepie
Pewdiepie

Ciri khas atau keunikan yang kamu miliki, bisa membuat orang-orang tertarik. Jadi manfaatkan hal tersebut disaat kamu sedang live stream. Karena tidak semua gamer bisa menjadi seorang streamer, oleh karena itu coba cari satu hal yang unik di dalam diri kamu.

Misalnya kamu bermain game MOBA dan menguasai salah satu hero, atau kamu tipe orang yang pandai berbicara dan melucu, dan lain sebagainya. Semakin unik karakter kamu, semakin besar kemungkinan untuk jadi streamer yang sukses.

Kualitas Nomor 1, Kuantitas Nomor 2

kualitas Streamer menentukan
Kualitas menentukan perkembangan

Jangan langsung terburu-buru ingin mendapat profit yang besar disaat menjadi streamer game, karena hanya sedikit dari mereka yang mampu seperti itu. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satu yang paling vital adalah modal.

Lebih baik kamu tidak terpancing hal tersebut. Jadilah seorang streamer yang berkualitas dari proses jatuh bangun meskipun memakan waktu. Kalau kamu sanggup bertahan, saya yakin kamu akan mendapat profit yang besar dan menjadi streamer yang sukses.

Itulah dia tips untuk menjadi seorang live streamer game yang sukses. Kesimpulannya adalah jangan pernah menyerah. Hari ini mungkin penontonnya sedikit, tapi kamu tidak akan tahu seberapa banyak yang menonton esok hari, lusa, dan seterusnya. Pada artikel berikutnya, mungkin saya akan menulis tutorial live streaming di Youtube dan Twitch.

More Stories
6 Rekomendasi Game Tema Pramuka Android