‘Locked Folder’ Hadir di Google Photos, Ini Cara Pakai Fitur Itu

Anom Penulis

Google mengumumkan ‘Locked Folder’ sekitar bulan September 2021 bersama beberapa fitur baru Android lain. Kini, ‘Locked Folder’ sudah hadir di aplikasi Google Photos, dan kalau kamu belum tahu, ini cara pakai fitur tersebut.

Awalnya, fitur ini hanya hadir untuk ponsel Google Pixel. Namun, seperti yang disebut di atas, Google akan membawanya secara umum ke perangkat lain.

Apa itu Locked Folder?

‘Locked Folder’ adalah tempat kamu bisa menyimpan foto dan video yang sensitif atau tidak ingin kamu perlihatkan pada orang lain. Foto yang tersimpan di folder ini tidak akan muncul di galeri, album, atau dalam pencarian.

‘Locked Folder’ bisa kamu temukan di tabLibrary‘ pada bagian ‘Utilities‘. Folder ini mendapat pengamanan dan hanya bisa dibuka dengan password/pin/sidik jari, sama seperti lockscreen. Jadi hanya yang punya ponsel yang bisa membuka dan melihat isinya.

Kemudian, isi di dalam folder ini tidak bisa kamu screenshot (lihat gambar pada bagian cara mengembalikan foto dari Locked Folder di bawah).

‘Locked Folder’ hanya tersedia di aplikasi Google Photos pada Android 6 dan yang lebih baru. Foto dan video di dalamnya tidak akan dicadangkan atau berpindah ke perangkat lain ketika kamu melakukan transfer data.

Nah, jika kamu menghapus aplikasi Google Photos, foto dan video di dalamnya juga akan terhapus. Jadi, keluarkan dulu foto dan video itu jika kamu ingin menghapus aplikasi tapi masih ingin menyimpan foto dan video itu.

Cara Menggunakan Locked Folder

Untuk menyimpan foto dan video di ‘Locked Folder’:

  1. Pilih foto dan video bersangkutan (tekan dan tahan),
  2. Tekan tombol menu ,
  3. Tekan pilihan ‘Move to Locked Folder’.

Untuk mengembalikan foto dan video dari ‘Locked Folder’:

  1. Pilih foto dan video yang ada di dalam ‘Locked Folder’ (tekan dan tahan),
  2. Tekan tombol ‘Move’.
  3. Konfirmasi pilihan dengan tekan tombol ‘Move’ pada pemberitahuan.

Itulah cara menyembunyikan dan mengamankan foto atau video dengan fitur ‘Locked Folder’ di aplikasi Google Photos Android. Caranya cukup mirip dengan menyembunyikan foto di iPhone. Jadi kamu yang pindah dari iPhone ke Android (atau sebaliknya) tidak akan bingung.

Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: