7 Fitur Terbaru Android: Bisa Kontrol Ponsel Pakai Gerakan Wajah

Google bakal hadirkan 7 fitur terbaru Android. Salah satu fiturnya ada yang bisa mengontrol ponsel pakai gerakan wajah lho!

Lewat pengumumannya baru-baru ini, Google menyampaikan kalau mereka bakal membawa beberapa fitur terbaru ke Android, pada musim gugur ini.

Fitur-fitur yang disajikan nanti disebut-sebut bisa meningkatkan pengalaman aksesibilitas. Contohnya fitur gerakan wajah, fitur pengenalan tulisan tangan, dll.

Nah biar kamu punya gambaran soal fitur-fitur tersebut, kamu bisa simak ulasan lengkapi kami soal beberapa fitur baru yang bakal datang ke Android berikut ini.

Kontrol Ponsel Pakai Gerakan Wajah

Boleh dibilang fitur kali ini sangat spesial. Sebab dia dibuat karena terinspirasi dari penyandang disabilitas motorik dan bicara. Jadi nantinya bakal ada dua fitur bernama Camera Switches dan Project Activate, yang tergabung dalam Accessibility Suite Android.

Camera Switches (sebelumnya pernah terlihat di Android 12 Beta) memungkinkan kamu menggunakan gerakan seperti membuka mulut atau mengangkat alis, untuk mengaktifkan berbagai perintah di ponsel.

Sedangkan Project Activate adalah aplikasi mandiri yang dirancang untuk membantu orang berkomunikasi. Di sini, kamu bisa mengatur gerakan wajah untuk memicu gerakan seperti memutar audio atau mengirim SMS.

Kontrol TV Lewat Ponsel

Fitur ini berlaku buat pengguna Google TV atau OS Android TV lainnya. Nanti kamu bakal bisa menavigasikan TV pakai smartphone Android, nggak usah pakai remote.

Contoh aktivitas yang bisa kamu lakukan dengan fitur adalah menyalakan TV, menavigasi rekomendasi acara, memutar acara favorit, dll. Kamu juga bisa pakai keyboard ponsel untuk mengetikkan sandi, nama film, atau istilah pencarian rumit lainnya dengan cepat lho.

Fitur Reminders di Assistant

Reminders adalah fitur baru yang ada di Google Assistant. Dengan fitur ini, kamu bisa mengelola semua pengingat di satu tempat dengan mengucapkan, “Ok Google, buka pengingat saya.”

Nanti setelah kamu mengucapkan kalimat itu, kamu bakal melihat saran pengingat berulang yang bisa diaktifkan dengan satu ketukan.

Kamu juga bisa bikin pengingat otomatis lho. Contohnya kamu bisa bilang, “Ok Google, ingatkan saya untuk menyirami tanaman setiap pagi.” Setelah diatur, Google bakal mengingatkanmu untuk menyiram tanaman setiap pagi (nggak peduli kamu sedang ada di rumah atau luar).

Android Auto

Fitur Android Auto memungkinkan Google Assistent untuk merekomendasikan musik, berita, atau podcast ke kamu saat sedang mengemudikan mobil. Kamu bahkan bisa memainkan game dari GameSnacks saat sedang parkir.

Android Auto juga bisa membantumu mengetahui jadwal rapat kerja, pesan penting, dll. Kalau kamu pengguna ponsel Android dual-SIM, kamu bisa pilih kartu SIM mana yang bakal dipakai saat melakukan panggilan menggunakan Android Auto.

Fitur ini akan tersedia di ponsel Android saat terhubung ke mobil yang kompatibel. Kalau kamu nggak punya mobil yang kompatibel, kamu bisa memanfaatkan bantuan Google Assistant di ponsel Android. Untuk tahu gimana caranya, kamu bisa klik di sini.

Locked Folder

Fitur ini sebenarnya mirip banget sama Folder Aman yang ada di ponsel Samsung Galaxy. Sebelumnya, fitur Locked Folder hanya bisa ditemukan di ponsel Pixel.

Nah sebentar lagi kamu akan bisa menikmati folder yang dilindungi kode sandi. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyimpan foto atau video secara terpisah. File yang disimpan ke folder tersebut juga nggak bakal tampil saat kamu scroll Google Photos aplikasi lain di ponselmu.

Gboard

Nggak cuma aksesibilitas, tapi Gboard juga mengalami peningkatan lho. Hal yang paling menarik adalah semua perangkat yang menjalankan Android 11 (atau yang lebih baru), bakal bisa menggunakan Smart Compose untuk menyelesaikan kalimat.

Fitur copy-paste juga telah diperbarui. Fitur ini bisa otomatis memisahkan informasi kontak dan detil terpisah seperti nomor telepon dan alamat email ketika disalin dalam satu bagian teks. Nggak cuma itu, Gboard juga bakal menghadirkan 1.500 stiker baru ke Emoji Kitchens.

Heads Up & Nearby Share

Heads Up sebenarnya masuk dalam fitur Digital Wellbeing. Fitur ini akan mengingatkan pengguna Android untuk berhenti menatap ponsel mereka saat sedang berjalan.

Sementara itu, fitur Nearby Share juga tengah diperbarui. Fitur ini bakal bisa menawarkan pengaturan visibilitas baru. Jadi kamu nanti bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat perangkatmu dan mengirim file.

%d blogger menyukai ini: