Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Skema Lubang Kamera di Layar iPhone 14 Pro Tampak Lebih Besar

ilustrasi lubang kamera iPhone
Anom Penulis

Bocoran baru soal desain iPhone 14 Pro muncul yang menunjukkan kalau lubang kamera di layar bisa berukuran lebih besar dari dugaan semula. Hm, sebesar apa? Mari kita lihat.

Salah satu rumor yang beredar seputar iPhone 14 adalah soal kamera selfie. Rumor itu menyebutkan kalau Apple mungkin akan menggunakan dua lubang—berbentuk pil dan lingkaran—untuk kamera dan sensor Face ID.

Sehubungan dengan rumor itu, muncul unggahan gambar skema di Weibo. Keterangan yang menyertainya tidak membahas khusus soal ukuran. Namun menyebutkan kalau BOE (produsen layar asal Cina) menerima pesanan dari Apple dan menyebutkan inilah skemanya.

Yang menarik, John Prosser (yang sering memberi bocoran) menyebutkan kalau bocoran itu benar. Ia juga membandingkan skema itu dengan gambar render yang beredar di internet, menunjukkan kalau lubang kamera iPhone 14 Pro lebih besar dari dugaan semula.

Memang kalau kita melihat gambar tersebut, lubang kamera di skema tampak hampir dua kali lebih besar dari yang ada di gambar render. Seperti yang John Prosser sebutkan, Apple tampaknya hanya menghilangkan bingkai pinggir notch saja.

Sekedar ilustrasi, kami meletakkan gambar skema di atas gambar iPhone 13 Pro. Kemudian sebagai ilustrasi lain, notch kami hapus. Perhatikan: dengan menjaga rasio gambar, menyamakan batas atas dan kanan kiri membuat bagian bawah sedikit tidak pas dan posisi kamera lebih turun (tidak rata dengan tulisan status (jam, baterai, dll).

Memang kelemahan dari perkiraan gambar bocoran adalah belum adanya informasi akurat ukuran fisik kamera sebenarnya. Jadi kalau kita menggunakan ukuran kamera yang ada di notch iPhone saat ini, skema itu jadi masuk akal.

Yah, kecuali kalau Apple membuat komponen kamera dan sensor dengan diameter yang lebih kecil. Namun, melihat riwayat Apple yang menerapkan lompatan teknologi secara perlahan (sampai mereka yakin berfungsi), kelihatannya tidak secepat itu.

Baca Juga:  Gila! Prototipe iPhone Generasi Pertama Berumur 15 Tahun Capai Rp 7,4M

Suka tidak suka, perkembangan teknologi nampaknya memang akan membawa kita pada layar ponsel utuh. Ponsel Android sudah melangkah ke arah itu dengan sensor sidik jari di layar dan teknologi kamera di bawah layar. iPhone pun menunjukkan gejala menuju arah itu.