Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Inilah MacBook Air dan MacBook Pro 13 Inci Baru dengan Chipset M2

Anom Penulis

Pada acara WWDC 2022, Apple mengumumkan laptop MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci baru yang ditenagai oleh chipset terbaru mereka, M2. Khusus untuk chipset M2, tentu ada peningkatan performa. Sedangkan untuk MacBook Air terdapat pembaruan pada sisi desain.

Pengumuman chipset dan laptop ini memang sudah diduga sebelumnya oleh para pengamat dan mereka yang antusias dengan produk Apple. Karena memang sesuai dengan siklus yang Apple lakukan tahun lalu. Hanya saja, masalahnya memang kapan Apple akan mengumumkannya.

Nah, setelah Apple mengumumkannya, tentu sangat menarik melihat apa pembaruan yang ada. Yuk, kita lihat sama-sama.

Chipset M2 Baru

chipset apple m2

Apple mengembangkan chipset M2 berdasar teknologi proses 5nm dan memiliki 20 milyar transistor, 25% lebih banyak dari M1. Chipset ini punya sampai 24GB memori gabungan (untuk RAM dan GPU) dan mampu mengantar data dengan 100GB/s bandwidth memori.

perbandingan chipset m1 dan m2

Apple menyebutkan kalau CPU baru di M2 mampu memberikan performa multi-thread 18% lebih baik dari M1. Dibandingkan dengan CPU 10-core saat ini, chipset M2 mampu memberikan hampir dua kali performa denga pemakaian daya yang sama. Sedangkan jika dibandingkan dengan CPU 12-core saat ini, M2 mampu memberikan performa maksimal dengan seperempat konsumsi daya.

Selain itu, Neural Engine chipset M2 melakukan pengolahan data 40% lebih cepat dari M1, mendukung decoder video lebih tinggi (4K H.264 dan HEVC), multi-stream untuk video ProRes, dan punya sistem keamanan Secure Enclave.

MacBook Air (M2)

MacBook Air M2 WWDC22

MacBook Air kini memiliki penampilan yang sama dengan MacBook Pro 14 dan 16 (2021). Pakai notch! Selain itu, laptop ringkas buatan Apple ini hadir dengan bodi lebih tipis, yaitu hanya 11.3 mm dan memiliki berat hanya 1,2Kg.

Fitur menarik lain yang ada di MacBook Air dengan chipset M2 ini adalah kembalinya colokan daya MagSafe, yang dilengkapi dengan dua colokan Thunderbolt dan colokan audio 3,5mm. Selain itu, layar 13,6 inci MacBook Air ini merupakan layar Liquid Retina Display dengan kecerahan mencapai 500 nits dan memberikan sampai 1 milyar warna.

Yang tidak kalah menarik, kamera yang nongkrong di notch ini sekarang merupakan kamera FaceTime dengan kualitas 1080p FHD. Lalu menemani kamera ini, ada sistem 4 speaker yang mendukung Spatial Audio dari Dolby Atmos dan 3 mikrofon.

Oya, MacBook Air tahun 2022 dengan chipset M2 ini memiliki empat pilihan warna, yaitu: silver, starlight, space gray, dan midnight. Yang midnight ganteng deh.

MacBook Pro 13 Inci (M2)

MacBook Pro 13 inci M2

Tidak banyak pembaruan yang hadir di MacBook Pro 13 inci ini, kecuali performa dan efisiensi daya yang lebih baik dari chipset baru M2, yang sama dengan MacBook Air di atas. Namun versi Pro ini memiliki sedikit keunggulan dengan adanya sistem pendingin aktif.

Apple menyebutkan kalau MacBook Pro 13 inci dengan M2 mampu mengolah gambar RAW di Affinity Photo dan memainkan game “Baldur Gate 3” dengan performa 40% lebih cepat dari M1. Dari sisi efisiensi daya, laptop ini mampu memutar video sampai 20 jam.


Nah, itulah laptop baru Apple beserta chipset terbaru M2. Melalui kedua laptop ini, Apple melangkah ke tahap selanjutnya setelah beralih dari prosesor Intel. Tentu bakal menarik melihat benchmark yang muncul setelah laptop ini beredar di pasar. Kita tunggu saja.

    %d blogger menyukai ini: