MacBook Pro 14 dan 16 (2021): Punya Notch dan Tanpa Touch Bar

Apple MacBook Pro 14 dan 16 inci baru 2021

Bersama dengan peluncuran chipset M1 Pro dan M1 Max, Apple juga merilis laptop MacBook Pro baru di tahun 2021, yaitu model 14 inci dan 16 inci. Seperti rumor sebelumnya, MacBook Pro ini punya notch di layar dan tidak memiliki Touch Bar.

Dengan chipset baru M1 Pro dan M1 Max, kedua MacBook Pro baru ini bergabung dengan MacBook Pro 13 inci (M1) sebagai laptop berbasis Apple Silicon. Apple membuat dua laptop baru ini untuk para profesional, seperti pengembang aplikasi, fotografer, pembuat film, seniman 3D, ilmuwan, produser musik, dll.

Peningkatan Performa

Kedua chipset baru ini juga memberikan performa lebih pada dua laptop ini. Apple memberikan perbandingan dua MacBook Pro tahun 2021 ini dengan MacBook Pro 13 (M1) dan dengan generasi sebelumnya (ahem, walau Apple tidak menyebutnya, kita tahu yang dimaksud adalah yang masih pakai prosesor Intel).

Salah satu perbandingan itu adalah MacBook Pro 14 inci memiliki performa komputasi 2,8X lebih cepat dibanding MacBook Pro 13 inci dalam menjalankan TetrUSS NASA. Lalu MacBook Pro 16 inci mampu melakukan render di program DaVinci Resolve Studio 3,6X lebih cepat dengan M1 Pro dan 5X lebih cepat dengan M1 Max dibanding MacBook Pro 13 inci.

Bagaimana perbandingan dengan generasi sebelumnya? MacBook Pro 16 inci tahun 2021 mampu menjalankan TetrUSS NASA 3X lebih cepat. Lalu juga bisa melakukan render di Maxon Cinema 4D 2,4X lebih cepat dengan M1 Pro dan 4X lebih cepat dengan M1 Max.

Desain Baru MacBook Pro 2021

Nah, mungkin yang paling menarik dari dua model MacBook Pro baru ini adalah desain barunya. Ada perubahan di layar dan pada keyboard.

Layar Liquid Retina XDR MacBook Pro 14 inci dan 16 inci ini menggunakan mini LED seperti di iPad Pro. Layar ini bisa mengantar gambar HDR dengan tingkat kecerahan sampai 1600 nits, rasio kontras 1.000.000:1, dan dilengkapi ProMotion dengan refresh rate adaptif 120Hz.

Lalu, layar ini juga punya bezel tipis dan dengan notch untuk kamera FaceTime 1080p. Notch akan terlihat memisah menu bar jika kamu memakai mode terang. Sedangkan pada mode gelap, notch akan tersamar.

macbook pro 2021 dengan notch

Apple juga melengkapi MacBook Pro baru ini dengan dua mikrofon berkualitas studio dan enam speaker, termasuk dua tweeter dan empat sub-woofer. Sistem audio ini juga mendukung Dolby Atmos, sehingga memberikan pengalaman nonton film seperti di bioskop (kata Apple).

Hal menarik lain dari desain baru MacBook Pro ini ada di keyboard. Touch Bar sudah menghilang dan Apple menggantinya dengan tombol fisik fungsi (Fn) lengkap dengan tombol sensor sidik jari Touch ID. Mirip dengan keyboard iMac baru.

Kejutan lain juga hadir untuk colokan. Apple membawa kembali berbagai colokan di MacBook Pro 2021 ini, lengkap dengan pengisi daya MagSafe 3 (mengisi 50% dalam 30 menit). Selain MagSafe, ada 3 colokan Thunderbolt 4 (USB-C), HDMI, auido 3,5 mm, dan SDXC card reader. Sedangkan untuk koneksi nirkabel ada Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0.

Harga

Yah, mungkin kamu sudah bisa menduga kalau laptop MacBook Pro baru ini punya harga yang tinggi. MacBook Pro 14 inci punya harga mulai dari $1999, sedangkan model 16 inci memiliki harga mulai dari $2499.

Tapi kalau kamu mau MacBook Pro yang punya spesifikasi maksimal, kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi. MacBook Pro 16 dengan chipset M1 Max dengan CPU 10-core dan GPU 32-core, unified memory 64GB, dan 8TB SSD memiliki harga $6099. Sedangkan model 14 inci dengan spesifikasi yang sama memiliki harga $5899.

Kalau kamu ingin melihat lebih detil silakan kunjungi situs resmi Apple.

%d blogger menyukai ini: