MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini Baru Memakai Apple Silicon M1

macbook air, macbook pro, dan mac mini baru

Bersama dengan pengumuman chipset Apple Silicon M1 di acara “One More Thing”, Apple juga mengumumkan jajaran komputer Mac baru, yang meliputi Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini.

Jajaran komputer Mac baru ini menandai awal peralihan dari prosesor Intel ke chipset baru buatan Apple. Peralihan itu sendiri akan berjalan selama sekitar 2 tahun. Nantinya, semua jajaran komputer Mac akan memakai chipset baru ini. Termasuk pula Mac Pro yang sudah mulai beredar rumornya.

MacBook Air 13

Apple menyebutkan kalau peralihan ke chipset M1 merupakan lompatan besar MacBook Air sejak Steve Jobs mengeluarkannya dari amplop untuk memperkenalkannya pertama kali.

Dengan memakai chipset baru ini, MacBook Air mendapat fitur yang sebelumnya belum pernah ada. Salah satunya memiliki baterai lebih awet, sampai 18 jam.

Kemampuan baru lainnya adalah memutar dan mengedit beberapa video dengan kualitas 4K ProRes di Final Cut Pro dengan lancar. Termasuk juga memakai fitur machine learning, seperti Smart Conform di Final Cut Pro.

Lalu image signal processor (ISP) di chipset M1 juga membuat kamera MacBook Air baru ini lebih tajam, noise lebih sedikit, rentang warna lebih luas, dan mendukung fitur pengenalan wajah lebih baik.

Harga MacBook Air baru ini tetap sama dengan sebelumnya, yaitu USD $999 untuk umum, dan $899 untuk pendidikan. Yah, harga Amerika sih.

MacBook Pro 13

Apple membawa kembali MacBook Pro 13 dengan chipset baru M1 ini. MacBook Pro paling ringkas ini sekarang mendukung baterai yang awet sampai 17 jam untuk menelusuri internet secara wireless, dan 20 jam untuk menonton video.

Apple MacBook Pro 13 baru

Dari sisi performa, Apple menyebutkan kalau MacBook Pro 13 baru ini lebih cepat untuk berbagai tugas. Misalnya untuk melakukan render judul 3D di Final Cut Pro, merancang adegan game di Unity, dan mengolah video 8K ProRes di DaVinci Resolve dengan lancar.

Sama seperti di MacBook Air baru, kamera di MacBook Pro 13 ini memiliki kualitas gambar yang lebih bagus akibat ISP di chipset M1. Lalu, laptop ini sekarang memiliki 2 colokan Thunderbolt USB 4 untuk berbagai perangkat lain, termasuk layar Pro Display XDR.

Apple menyebutkan harga MacBook Pro baru ini juga sama seperti sebelumnya, yaitu USD $1299 untuk umum, dan $1199 untuk pendidikan.

Mac Mini

Bukan hanya laptop saja yang mendapat keuntungan dari chipset baru buatan Apple ini. Komputer desktop Mac Mini pun mendapatkannya. Yah, bukan berita mengejutkan mengingat perangkat yang menjadi percontohan adalah komputer ini.

mac mini baru dengan chipset m1

Sama seperti laptop Apple baru di atas, Mac Mini dengan chipset M1 ini juga mendapat peningkatan performa. Misalnya memainkan game “Shadow of the Tomb Raider” dengan frame rate 4 kali lebih tinggi. Selain itu, Mac Mini juga memiliki sistem pendingin yang lebih canggih.

Untuk yang satu ini, Apple menyebutkan kalau harga Mac Mini lebih murah $100 dari versi sebelumnya, yaitu USD $699.

%d blogger menyukai ini: