Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Apple Kembangkan Mac Pro Lebih Kecil Dengan Chipset Apple Silicon

Anom Penulis

Seiring kabar acara “One More Thing“, hadir pula kabar kalau Apple juga mengembangkan komputer Mac Pro dengan ukuran lebih kecil, juga dengan Apple Silicon.

Apple memang sedang mengembangkan chipset Apple Silicon untuk menggantikan prosesor Intel yang mereka gunakan selama ini. Mereka sudah mengumumkannya pada acara WWDC20.

popculture.id

Chipset baru ini akan menjadi “otak” komputer Apple, mulai dari Macbook, Mac Mini, iMac, sampai Mac Pro. Rencananya, peralihan chipset ini akan berlangsung selama 2 tahun mendatang.

Walau rumor menyebut Apple mengutamakan lini laptop terlebih dulu, kelihatannya Apple melakukan gerak cepat. Bloomberg menyebutkan kalau Apple juga sedang membuat komputer iMac dan Mac Pro baru dengan Apple Silicon.

Apple Mac Pro 2019
foto: Apple

Mac Pro baru ini akan punya desain sama (yang sering disebut “parutan keju”). Menariknya, Bloomberg menyebutkan kalau Mac Pro baru ini punya bentuk lebih kecil, hanya setengah, dari yang sekarang.

Rancangan Apple Silicon disebut memungkinkan penghematan ruang lebih banyak. Entah bagaimana rancangan itu, karena Mac Pro sekarang ini berukuran besar karena tambahan penyimpanan dan komponen grafis.

Tapi kalau Apple memang berhasil membuat komputer Mac Pro lebih ringkas, hal ini jelas akan sangat menarik. Karena kalau komputer paling canggih dari Apple bisa lebih singset, maka iMac pun bisa lebih tipis. Bahkan bisa membuka peluang rancangan yang lebih revolusioner.

    %d blogger menyukai ini: