5 Pengumuman Penting Apple di Pembukaan WWDC 2020

Tim Cook presentasi di Apple WWDC 2020

Apple sudah membuka acara WWDC 2020 dan mengumumkan beberapa hal penting, mulai dari watchOS 7, iPadOS 14, iOS 14, macOS Big Sur, dan peralihan Mac ke chipset Apple Silicon.

Beberapa pengumuman ini sudah diperkirakan sebelumnya walau ada yang tidak tepat. Pengumuman tentang sistem operasi berbagai perangkat Apple sendiri memang sudah jadi tradisi. Sedangkan hal paling besar yang diumumkan adalah peralihan perangkat Mac ke chipset Apple Silicon. Walau sayangnya, tidak ada produk yang resmi diumumkan.

Nah, apa saja sih yang baru dari Apple WWDC 2020 ini?

watchOS 7

Apple Watch dengan watchOS 7

Sistem operasi untuk Apple Watch ini membawa peralatan kustomisasi yang lebih canggih. Dengan watchOS 7, pengguna bisa mengatur setelan tema wajah jam sesuai kebutuhannya. Serunya tema tersebut bisa dibagi dengan pengguna lain, baik melalui aplikasi Messages dan Mail, di App Store, atau melalui link di website dan media sosial.

watchOS 7 juga membawa berbagai fitur kesehatan dan kebugaran baru. Seperti monitor pola tidur, deteksi cuci tangan, jenis aktivitas baru (termasuk menari), dan menjaga pendengaran (dengan memantau kebiasaan mendengar lewat headphone).

iPadOS 14

widget di iPadOS 14

Untuk iPadOS14, Apple memperkenalkan tampilan baru yang lebih ringkas untuk panggilan telepon dan FaceTime, interaksi dengan Siri, dan Search. Selain itu, Apple juga memperbarui Sidebar dengan navigasi berada di satu bidang, membuatnya lebih konsisten. Misalnya Sidebari di aplikasii Photos, Files, Notes, Calendar, dan Apple Music.

Dari sisi fitur, Apple menghadirkan Scribble di iPad dengan Apple Pencil. Pengguna bisa menulis di berbagai kolom ketikan, yang kemudian secara otomatis berudah dari coretan tangan menjadi teks ketikan. Untuk sementara fitur ini akan mendukung bahasa Inggris dan Cina.

iOS 14

widget, app clips, dan pin percakapan di messages

Melalui iOS 14, Apple membawa beberapa hal baru di layar Home iPhone, yaitu widget dan App Library. Widget akan menunjukkan informasi dari aplikasi yang bersangkutan secar ringkas. Pengguna bisa memakai Smart Stack yang bisa menampilkan widget tertentu sesuai waktu, lokasi, dan aktivitas. Lalu App Librasry akan hadir di akhir layar utama untuk menampilkan jajaran aplikasi sesuai kategori secara otomatis.

Seperti juga di iPadOS 14, Apple juga membawa tampilan baru yang ringkas untuk panggilan telepon, FaceTime, dan interaksi dengan Siri. Kini iPhone juga mendukung picture-in-picture, sehingga kamu bisa melakukan FaceTime sambil menggunakan aplikasi lain.

App Clips merupakan cara baru untuk mengakses aplikasi tertentu di App Store. Misalnya kamu mau bayar kopi tapi belum punya aplikasi layanan bersangkutan yang dipakai kedai kopi itu. Kamu bisa memindai kode App Clip atau menggunakan NFC, dan iPhone akan menunjukkan aplikasi yang bersangkutan.

Apple juga membawa berbagai hal baru di aplikasi Message. Pengguna kini bisa menyematkan percakapan penting di bagian paling atas. Selain itu pengguna menjaga percakapan melalui mention dan baris balasan, juga mengganti foto grup memakai gambar atau emoji. Apple juga membawa kustomisasi memoji yang lebih lengkap.

macOS 11.0 Big Sur

tampilan macOS Big Sur dari Apple WWDC 2020
desain tampilan baru di macOS Big Sur

macOS Big Sur menjadi pembaruan sistem operasi terbesar setelah Mac OS X. Hal ini terlihat dari nomor versi yang menginjak angka 11. Sebelumnya OS X membawa versi 10 dan macOS “cuma” menjadi versi 10.xx.

macOS Big Sur memiliki desain tampilan yang baru. Tampilan ini lebih modern, membuat navigasi lebih mudah, dan senada dengan tampilan di berbagai perangkat Apple lainnya. Termasuk tampilan Dock, Control Center, dan Notification Center.

Apple juga memperbarui browser Safari. Apple menyebutkan kalau Safari bisa memuat halaman situs rata-rata 50% lebih cepat dari Chrome. Lalu, pengaturan dan pemakaian tab di Safari juga lebih baik dengan quick preview. Kemudian Apple juga membawa perlindungan privasi yang lebih transparan di browser andalannya itu.

Sama seperti iPadOS 14 dan iOS 14, Apple pun membawa pembaruan aplikasi Message di macOS Big Sur. Termasuk menyematkan percakapan, menambah efek, membuat percakapan baru dengan mengetik nama kontak, dll.

Kemudian, Apple juga memberikan fitur baru di aplikasi Peta. Kini pengguna bisa mengekplorasi berbagai tempat, mendapat panduan dari sumber terpercaya, dan melakukan perencanaan perjalanan. Rute bersepeda juga bisa dibuat di Mac dan dikirim ke iPhone untuk dipakai kemudian.

Peralihan Mac ke Apple Silicon

xcode untuk pengalihan aplikasi

Pengumuman dari Apple ini merupakan yang terbesar di acara WWDC 2020. Apple mengumumkan kalau lini Mac mendatang akan beralih dari prosesor Intel ke chipset Apple Silicon. System-on-Chips (SoC) Apple Silicon bisa membawa efisiensi daya dan performa yang lebih optimal untuk GPU, sekaligus juga membawa akses ke teknologi AI yang lebih baik melalui Neural Engine.

Seiring peralihan yang direncanakan akan berjalan selama 2 tahun ke depan ini, Apple menyediakan sarana agar semua berjalan lebih mulus. Pengembang bisa mengalihkan atau membuat program dan aplikasi mereka dengan mudah melalui Xcode 12 dan Universal 2. Perangkat baru juga bisa menggunakan aplikasi berbasis Intel melalui teknologi emulasi Rosetta 2. Lalu, melalui Virtualization, pengguna bisa menjalankan Linux.

Yang tidak kalah menarik, karena memiliki arsitektur yang mirip, nantinya pengguna bisa memakai aplikasi iOS dan iPadOS di macOS. Pengembang tidak perlu melakukan modifikasi apa pun untuk aplikasi tersebut. Ini membuat pemakaian aplikasi di ekosistem Apple berjalan lebih selaras.

%d blogger menyukai ini: