Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

5 Pengumuman Penting Apple di Pembukaan WWDC 2020

Tim Cook presentasi di Apple WWDC 2020
Avatar of Anom
Anom Penulis

Apple sudah membuka acara WWDC 2020 dan mengumumkan beberapa hal penting, mulai dari watchOS 7, iPadOS 14, iOS 14, macOS Big Sur, dan peralihan Mac ke chipset Apple Silicon.

Beberapa pengumuman ini sudah diperkirakan sebelumnya walau ada yang tidak tepat. Pengumuman tentang sistem operasi berbagai perangkat Apple sendiri memang sudah jadi tradisi. Sedangkan hal paling besar yang diumumkan adalah peralihan perangkat Mac ke chipset Apple Silicon. Walau sayangnya, tidak ada produk yang resmi diumumkan.

Nah, apa saja sih yang baru dari Apple WWDC 2020 ini?

watchOS 7

5 Pengumuman Penting Apple di Pembukaan WWDC 2020
Apple Watch dengan watchOS 7

Sistem operasi untuk Apple Watch ini membawa peralatan kustomisasi yang lebih canggih. Dengan watchOS 7, pengguna bisa mengatur setelan tema wajah jam sesuai kebutuhannya. Serunya tema tersebut bisa dibagi dengan pengguna lain, baik melalui aplikasi Messages dan Mail, di App Store, atau melalui link di website dan media sosial.

watchOS 7 juga membawa berbagai fitur kesehatan dan kebugaran baru. Seperti monitor pola tidur, deteksi cuci tangan, jenis aktivitas baru (termasuk menari), dan menjaga pendengaran (dengan memantau kebiasaan mendengar lewat headphone).

iPadOS 14

svg%3E
widget di iPadOS 14

Untuk iPadOS14, Apple memperkenalkan tampilan baru yang lebih ringkas untuk panggilan telepon dan FaceTime, interaksi dengan Siri, dan Search. Selain itu, Apple juga memperbarui Sidebar dengan navigasi berada di satu bidang, membuatnya lebih konsisten. Misalnya Sidebari di aplikasii Photos, Files, Notes, Calendar, dan Apple Music.

Dari sisi fitur, Apple menghadirkan Scribble di iPad dengan Apple Pencil. Pengguna bisa menulis di berbagai kolom ketikan, yang kemudian secara otomatis berudah dari coretan tangan menjadi teks ketikan. Untuk sementara fitur ini akan mendukung bahasa Inggris dan Cina.