macOS Mojave Membawa Dark Mode

macOS Mojave preview

Selain iOS 12, Apple juga mengumumkan versi terbaru sistem operasi macOS 10.14 yang diberi nama macOS Mojave. Versi terbaru macOS ini membawa fitur yang sudah lama dinanti, yaitu dark mode.

Sejauh yang terlihat, versi macOS terbaru ini bukanlah versi yang membawa banyak fitur baru atau inovasi baru. Seperti juga iOS 12, macOS Mojave membawa pengembangan lebih lanjut dari fitur yang ada, dan beberapa perubahan tampilan pada aplikasi di dalamnya.

Dark Mode

macOS Mojave dark mode finder preview

Kehadiran dark mode di macOS sudah sempat bocor. Sebelum ini dark mode macOS yang pertama hadir di El Capitan hanya melingkupi menubar, dock, dan aplikasi (kalau pengembang menggunakannya).

Sekarang dark mode hadir lebih menyeluruh, termasuk untuk aplikasi bawaan seperti Mail, Messages, Maps, Calendar, dan Photos. Selain itu, macOS Mojave juga memiliki Dynamic Desktop yang memungkinkan tampilan menyesuaikan perubahan waktu.

Perkembangan Desktop dan Finder

fitur stacks di desktop macos mojave

Apple mengembangkan kemampuan Desktop dan Finder di macOS Mojave dengan beberapa fitur baru.

Fitur Stacks di desktop akan mengatur berbagai ikon shortcut berdasar jenis file-nya. Kamu juga bisa mengaturnya berdasar tags atau tanggal. Finder memiliki tampilan Gallery View baru. Preview Pane akan menampilkan informasi meta data. Quick Actions membuat pengguna bisa menentukan tindakan sesuai dengan file langsung dari Finder. Quick Look menampilkan preview dengan lebih cepat, dan kamu bisa melakukan modifikasi file tanpa perlu membuka aplikasi.

Group FaceTime

group facetime macos mojave

Apple juga membawa fitur baru yang ada di iOS 12 ini ke macOS Mojave. Kamu sekarang bisa melakukan group FaceTime. Termasuk menambah teman di percakapan kapan pun, dan bisa memilih bergabung melalui perangkat lain seperti iPhone dan iPad. Bahkan, bisa menggunakan FaceTime audio dari Apple Watch.

Dengan kemampuan untuk banyaknya peserta group FaceTime, saya tidak yakin bagaimana percakapan bisa berjalan dengan baik. Tapi kita lihat saja nanti.

Mac App Store Baru

macOS Mojave Mac App Store

Mac App Store, yang menjadi salah satu tempat pengguna mencari aplikasi, mendapat perubahan tampilan. Desain baru ini akan menampilkan aplikasi baru dan yang diperbarui di tab Discover. Lalu akan ada tab lain β€” Create, Work, Play, dan Develop β€” yang akan menampilkan aplikasi untuk tujuan tertentu. Apple juga menyebutkan bahwa beberapa aplikasi papan atas β€” seperti MS Office dan Adobe Lightroom CC β€” akan hadir di Mac App Store.

Perubahan Tampilan Aplikasi

macOS Mojave Aplikasi News

Seperti juga group FaceTime, Apple juga membawa perubahan beberapa tampilan aplikasi ke macOS Mojave. Seperti perubahan tampilan aplikasi News, Stocks, Voice Memo, dan Home.

Beberapa Fitur Baru Lain

Apple juga menambah beberapa fitur baru lain di macOS Mojave. Screenshot memiliki kontrol yang lebih baik di layar. Continuity Camera mengijinkanmu memotret atau scan dokumen dengan iPhone atau iPad dan segera melihatnya di Mac. Lalu, peralatan Markup juga hadir di Finder, Quick Look, dan Screenshot sehingga kamu bisa memberikan komentar atau berbagi dengan lebih cepat dan mudah.