macOS Akan Punya Dark Mode Sepenuhnya

macos dark mode
Anom Penulis

Dalam beberapa waktu terakhir ini, tampilan dark mode di komputer menjadi favorit. Kelihatannya macOS akan segera memiliki dark mode sepenuhnya.

Banyak yang suka dengan dark mode karena tidak membuat mata silau. Selain itu, mode ini membuat tampilan aplikasi terlihat lebih keren dan lebih sangar. Bukan hanya di layar monitor komputer saja. Mode gelap di layar handphone pun kerap menjadi perbincangan (dan permintaan).

Windows 10 sudah memiliki dark mode lebih dulu secara menyeluruh. Hal ini membuat sebagian pengguna Mac sedikit iri.

Yah, Mac juga punya. Tapi belum sepenuhnya. Mac OS X Yosemite memberikan pilihan dark menu bar, dock, dan notification center (tapi macOS Sierra menghilangkan mode gelap notification center).

[irp posts=”48997″ name=”Menyembunyikan Ikon Aplikasi di Menu Bar Mac”]

Lalu, dukungan dark mode juga sudah hadir di aplikasi sejak Mac OS X El Capitan. Kalau si pengembang aplikasi memilih membuatnya. Salah satu contoh aplikasi yang memiliki dark mode adalah aplikasi Messenger bernama Caprine.

Guilherme Rambo (dari 9to5mac ) juga pernah menunjukkan tampilan dark mode Mac di Safari. Sebagai developer, ia bereksperimen dengan mode gelap di beberapa aplikasi bawaan Mac.

dark mode mac
macOS Dark Mode (foto: 9to5mac)

Nah, yang menarik, Guilherme Rambo juga menemukan beberapa kode di source code WebKit yang mengindikasikan kalau macOS akan mendapat dark mode sepenuhnya di versi 10.14.

Kode itu disebut berhubungan dengan adaptasi render WebKit sehubungan dengan tampilan aplikasi. Tampilan aplikasi ini berkaitan dengan bagaimana macOS bisa merubah tampilan komponen antar muka seperti tombol dan lain-lain berdasar aset yang ada di sistem.

Walau hal itu tidak menunjukkan kehadiran dark mode Mac secara langsung, Ia mengambil asumsi bahwa Apple sedang mengembangkan cara untuk mengubah penampilan secara menyeluruh.

Kalau kamu pernah membaca beberapa artikel tentang Mac di sini, kamu pasti tahu kalau saya pernah menggunakan tampilan gelap menu bar dan dock. Sejak update ke High Sierra  dan menemukan kalau notification center tidak lagi ikut menjadi gelap, saya kembali memakai tampilan standar.

Apabila dugaan Guilherme Rambo itu benar dan dark mode Mac memang hadir menyeluruh, saya akan dengan senang hati menggunakannya. Bagaimana dengan kamu?

    %d blogger menyukai ini: