Macro: Editor Foto untuk Mac yang Gratis, Ringan dan Handal

foto editor mac Macro

Ada banyak aplikasi editor foto untuk Mac di App Store. Aplikasi editor foto gratis juga tidak sedikit. Namun ada satu aplikasi yang cukup menarik perhatian saya. Aplikasi ini bernama Macro.

Yang membuat saya tertarik adalah ukuran aplikasi yang tertera di bursa hanya 1,4 MB. Hm, apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi desktop dengan ukuran itu? Apalagi aplikasi ini adalah aplikasi editor foto. Sekedar perbandingan, Polarr Photo Editor Lite berukuran 36,7 MB, Fotor Photo Editor berukuran 98,4 MB, dan PhotoScape X berukuran 110 MB.

Selidik punya selidik, ada alasan tersendiri di balik itu. Macro ditujukan sebagai aplikasi editor foto sederhana. Sekedar untuk mempercantik foto atau melakukan fungsi edit ringan. Aplikasi ini tidak ditujukan sebagai sebuah alat desain atau ilustrasi utama. Namun bisa digunakan bersama aplikasi lain (misalnya Sketch), tanpa memberatkan kinerja Mac.

Masuk akal.


Baca juga: Flume: Aplikasi Instagram Terbaik untuk Mac


Fitur Aplikasi Macro

Sebagai aplikasi editor foto, fitur Macro memang tidak banyak. Bahkan website resminya pun berkata demikian. 😀

Tapi kalau kamu mencari fungsi standar edit foto, Macro memilikinya.

  • Mengubah ukuran,
  • Memutar foto,
  • Koreksi perspektif,
  • Koreksi pencahayaan dan warna ringan,
  • Cropping,
  • Melihat metadata (dan menambah),
  • Ekspor dan kompresi,
  • Filter foto
  • Actions — merekam tindakan edit dan mengulangnya untuk foto lain dengan cepat

tampilan aplikasi editor foto untuk mac Macro

Jadi, kalau kamu tidak membutuhkan layer, teknik masking, brushing, atau efek lain seperti drop shadow, dll, Macro bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Ada harga ada rupa. Mau yang lengkap, ya cari yang kelas berat. Ingin yang ringan, ya cari yang memadai. Logikanya sih seperti itu. Macro memberikan fitur yang terfokus pada fungsi edit foto standar dengan kinerja yang ringan dan mudah.

Tampilan aplikasi Macro

Seperti fiturnya, tampilan aplikasi ini pun cukup simpel. Bidang kerja di sebelah kiri, alat edit di sebelah kanan, dan beberapa fungsi lain di bilah aplikasi. Kalau sudah ada foto yang akan diedit, tiap pilihan alat di sidebar bisa dibuka dengan berbagai pilihan di dalamnya.

aplikasi editor foto macro

Yang harus saya sebut di sini, desain aplikasi tampilan Macro boleh diacungi jempol. Rapi, bersih, mudah dipahami, dan keren. Namanya juga aplikasi editor foto untuk Mac masa kini, jadi sesuai dengan tren dark theme di sistem operasi.

Saya kira sejauh ini saya belum punya keluhan soal tampilan.

Pengalaman penggunaan editor foto

Nah soal penggunaan, ada beberapa catatan yang saya buat. Sekedar pembukaan, hal ini bukan masalah besar, hanya sedikit mengganggu saja.

Ketika kita membuka foto berukuran cukup besar, banyak detil, dan di zoom out (ukuran foto tampak kecil), foto cenderung terlihat terlalu tajam. Ketika foto yang sama dibuka di Photoshop dan di zoom out dengan ukuran mirip, render gambarnya lebih halus. Ya mungkin kurang adil kalau dibandingkan dengan Photoshop. Sekedar perbandingan saja.

proses cropping foto di macro

Kemudian ketika menggunakan fungsi cropping — misalnya dari rasio 16:9 jadi 3:2 — menggeser bidang cropping tidak bisa dilakukan. Yang bisa kita lakukan adalah menggunakan sudut atau poin yang ada untuk mengubah ukuran (mengecilkan dan membesarkan) sampai ke posisi yang kita inginkan.

Seperti yang sudah saya bilang, hal ini memang bukan masalah besar. Tapi cukup mengganggu.

Selebihnya, saya belum menemukan masalah lain. Aplikasi Macro memberikan sesuai yang dijanjikan. Ringan, mudah, dan fokus.


Baca juga: Cara Mengatur Kecerahan Layar Monitor dengan F.lux


Itulah aplikasi editor foto untuk Mac yang bernama Macro. Saya pikir aplikasi ini bisa jadi sebuah alternatif yang menyenangkan. Apalagi kalau kamu mencari aplikasi edit foto ringan untuk komputer.

Kalau dipikir-pikir, teknologi semakin maju dan semua berlomba memberi fitur lengkap. Di saat aplikasi seperti itu penuh sesak dan justru bisa memberatkan kinerja, sebuah aplikasi ringan yang memberikan fitur tepat bisa jadi angin segar. Menurut saya sih seperti itu. 🙂

DOWNLOAD

Ada komentar?