nintendo labo

Nintendo Labo: Kejutan Berani Dari Nintendo

Tahun lalu, Nintendo mengejutkan banyak orang dengan merilis Nintendo Switch. Awalnya, banyak yang pesimis dengan konsol hybrid itu. Namun, pada akhirnya Nintendo Switch membuktikan kesuksesannya. Tahun ini, Nintendo kembali memberi kejutan dengan merilis Nintendo Labo.

Apa itu Nintendo Labo?

Nintendo Labo adalah serangkaian mainan swakriya (dibuat sendiri alias do-it-yourself) yang terbuat dari karton menjadi pasangan Nintendo Switch. Kita akan membangun mainan (yang disebut Toy-Con) sesuai pola yang ada beserta kelengkapannya, memasang Nintendo Switch, dan bermain.

Nintendo menyebutkan kalau ada dua paket Nintendo Labo. Variety Kit dan Robot Kit. Dengan Variety Kit, kamu bisa membuat Toy-Con seperti Toy-Con RC Cars (mobil kendali jarak jauh), Toy-Con Fishing Rod (pancing), Toy-Con House, Toy-Con Motorbike dan Toy-Con Piano. Dengan Robot Kit, kamu bisa membuat baju robot interaktif yang meliputi visor (kacamata), backpack (ransel), dan straps (penghubung) untuk tangan dan kaki.

berbagai toy-con nintendo labo

Masing-masing Toy-Con bisa kamu mainkan dengan game di Nintendo Switch. Misalnya, ketika kamu membuat Toy-Con Motorbike, kamu akan meletakkan layar Switch di bagian tengah, dan Joy-Con di setang. Kamu bisa mengontrol gerakan motor dan kecepatan seperti setang motor aslinya.

Nintendo memasang harga $69.99 untuk Variety Kit dan $79.99 untuk Robot Kit. Harga itu termasuk bahan untuk konstruksi Toy-Con dan game Nintendo Switch terkait. Selain itu akan ada Customization Set seharga $9.99 yang memberikan stensil tambahan, stiker, dan selotip warna-warni. Nintendo akan merilis Nintendo Labo pada 20 April 2018.

Tantangan Nintendo Labo

Nintendo memang selalu berani menantang tren. Ada produk yang gagal dan ada produk yang berhasil. Ketika mengumumkan Nintendo Switch, tidak sedikit yang memandang sebelah mata. Termasuk ada yang nyinyir dengan iklan Switch yang menunjukkan seorang gadis membawa konsol itu ke pesta di halaman rumah teman (komentarnya: masak di ajak party malah asik sama gadget?).

Hal yang sama juga terjadi dengan Nintendo Labo ini. Lagi-lagi banyak yang nyinyir.

toy-con fishing rod

Ada yang menyinggung harganya terlalu mahal untuk mainan dari karton. Yah, harga segitu sudah termasuk game. Lalu desain konstruksi mainannya juga cukup canggih.

Ada pula yang menyebut bahwa mainan dari karton akan cepat rusak dan tidak berguna. Hal ini cukup masuk akal. Apalagi kalau yang main anak-anak. Tapi kelihatannya nanti Nintendo akan menjual bahan Toy-Con (karton dan kelengkapan lain) dengan harga lebih murah. Bisa juga menjual blueprint (pola) sehingga kita bisa mencetaknya sendiri.

Selain itu ada juga yang menghubungkan dengan nasib Google Cardboard yang akhirnya terbengkalai. Ini juga bisa dimaklumi, karena keduanya sama-sama menggunakan bahan karton dan bisa kita buat sendiri.

Apa pun itu, opini yang beredar masih merupakan spekulasi. Tebak-tebak berhadiah. Mainan ini toh belum dipasarkan. Jadi belum teruji. Toh nyatanya — kalau melihat kasus Nintendo Switch — strategi Nintendo berhasil.

kreasi toy-con house

Di luar semua itu, harus kita akui bahwa Nintendo Labo merupakan konsep yang menarik. Memancing kita (atau anak-anak) membuat sesuatu, menjadi lebih kreatif, dan bersenang-senang. Ingatkan, bagaimana Pokemon Go — sebagai mainan digital — berhasil membuat orang bergerak ke sana sini?

Sekali lagi, Nintendo memang berani. Di saat teknologi sibuk dengan Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence, Nintendo mengajak kita tetap mengingat permainan yang sederhana. Untuk hal ini, konsep Nintendo Labo layak mendapat acungan jempol. Nah, kalau kamu penasaran, silakan kunjungi situs resmi-nya.

More Stories
songcatcher by deezer
Fitur Mencari Judul Lagu Dari Deezer