4 Nama Makanan Indonesia untuk Android P

Indri Penulis

Setelah pengguna Android dimanjakan dengan Android 8.0 atau Android Oreo dengan segala fiturnya. Pekan ini, Google akhirnya mengumumkan julukan resmi untuk sistem operasi Android mereka yaitu Android P. Huruf “P” pada namanya, ternyata merupakan kependekan dari “Pie”.

Kini sistem Android terbaru itu telah tersedia melalui update over-the-air, untuk perangkat-perangkat seri Pixel besutan Google.

Namun ada yang menarik sebelum akhirnya nama Pie yang digunakan Google untuk identitas Android terbarunya. Hal ini sempat diwarnai aksi tebak-tebakan nama oleh banyak pengguna Android di dunia.

Banyak pengguna Android di dunia menebak nama Android P sebelum dirilis resmi. Tebakan tersebut antara lain pancake, panna cotta, parfait, popsicle, pastry, praline, peppermint, dll.

Namun apa sebelumnya kalian pernah terbayang, jika Android P menggunakan nama makanan lokal Indonesia? Bila iya, nama makanan apa yang terlintas di pikiran kalian?

Bila belum, mungkin beberapa nama makanan lokal Indonesia ini akan membuat kalian tergelitik untuk tertawa. Berikut ulasan selengkapnya:

Pempek

Sumber Gambar : Falony

Pempek merupakan makanan khas Palembang. Dibuat dengan daging ikan dan tepung kanji yang digiling lembut. Serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih, penyedap rasa, dan garam.

Ciri khas dari Pempek adalah, disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecoklatan. Biasanya kuah tersebut disebut dengan cuka atau cuko (dalam bahasa Palembang). Selain itu masih ada pelengkap mentimun yang dipotong dadu dan mie kuning.

Apakah kalian dapat membayangkan bila nama Android menggunakan Pempek sebagai identitasnya?

Pecel

Sumber Gambar : Youtube

Pecel merupakan makanan yang menggunakan bumbu sambang kacang sebagai bahan utamanya. Biasanya pecel dihidangkan bersama aneka jenis sayuran. Makanan tersebut populer di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

Asal kata dan daerah pecel hingga kini belum diketahui pasti. Namun dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’.

Ada beberapa orang yang mengatakan bila pecel berasal dari daerah ponorogo. Hal tersebut karena bumbu kacang yang digunakan pada pecel, sama dengan yang digunakan dalam bumbu sate Ponorogo.

[irp posts=”52079″ name=”Mengintip Fitur Android P Mendatang”]

Selain itu, makanan ini sekilas hampir mirip dengan gado-gado. Namun yang membedakan antara pecel dan gado-gado adalah, campuran bahan serta tekstur bumbu yang digunakan.

Masakan ini sangat digemari banyak orang. Apalagi bila bumbu kacang yang disiram di atasnya kental. Hal tersebut dapat menambah cita rasa dari pecel itu sendiri.

Mungkin seandainya nama Android mengadopsi pecel sebagai identitasnya, maka akan menjadi Android Pecel nantinya. Bagaimana menurut kalian?

Perkedel

Sumber Gambar : Njajan

Perkedel merupakan makanan yang terbuat dari kentang, yang sebelumnya telah digoreng atau direbus. Kemudian kentang dilumatkan dan dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang, daun seledri, dan bumbu lainnya.

Ciri khas dari perkedel adalah bentuknya yang bulat. Serta sebelum digoreng, perkedel dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kocokan telur ayam, untuk kemudian digoreng hingga matang.

Sebenarnya istilah perkedel berasal dari bahasa Belanda yaitu “Frikadel”. Hal tersebut menunjukkan pengaruh Belanda dalam seni memasak Indonesia.

Bila di Belanda perkedel dibuat dari daging cincang yang digoreng, maka perkedel asli Indonesia dibuat dengan bahan kentang, yang hanya sedikit dibumbui daging cincang atau kornet.

Terbayangkah kalian, bila nama Android P menjadi Android Perkedel?

Petai

Sumber Gambar : Manfaat Buahan

Siapa yang tidak mengenal sayuran satu ini? Hampir semua orang mengenal Petai. Petai dikenal karena baunya yang sangat menyengat, dan dapat membuat nafas orang yang memakannya menjadi bau.

Petai atau pete merupakan tumbuhan luas yang tersebar di Nusantara, khususnya bagian barat. Petai dapat dikonsumsi ketika masih muda, baik masih belum masak maupun telah direbus.

Banyak masakan yang menggunakan petai sebagai bahan pelengkap. Bahkan ada pula beberapa rumah makan yang menyediakan petai rebus sebagai lalapan ketika makan. Walaupun berbau menyengat, namun petai mempunyai banyak manfaat kesehatan lho.

Mungkin bila Android P menggunakan petai sebagai identitasnya, maka hal tersebut akan terlihat sangat ikonik bagi orang Indonesia.

Itulah beberapa nama makanan lokal Indonesia, yang bila dijadikan identitas Android P, akan sangat ikonik dan membuat kita orang Indonesia tertawa gemas.

    %d blogger menyukai ini: