Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Gila! Malware Berkedok “Squid Game” Mengintai Dunia Maya

Indri Penulis

Hati-hati! Malware berkedok “Squid Game” mengintai di dunia maya. Malware ini telah menyasar pengguna smartphone dan komputer.

Baru-baru ini, pakar Kaspersky (dikutip dari Techradar) telah membeberkan fakta baru yang cukup mencengangkan. Kaspersky mengatakan kalau dia telah menemukan ancaman berkedok “Squid Game” di dunia maya.

Malware berkedok “Squid Game” ini berisi banyak hal berbahaya. Ada yang bentuknya aplikasi berisi Trojan, adware, sampai penipuan penjualan kostum Halloween.

Dimulai dari aplikasi “Squid Game” yang berisi Trojan. Jenis aplikasinya sebenarnya cukup banyak. Aplikasi yang pertama hadir dalam bentuk game “Squid Game.”

Dalam kasus ini, Kaspersky mengungkapkan kalau pelaku kejahatan siber mungkin telah mempertontonkan preview dari game “Squid Game” gadungan tersebut. Makanya banyak orang yang tertarik dan langsung mengunduhnya.

Sumber : CyberNews

Padahal setelah aplikasi tersebut diunduh ke perangkat, dia bakal langsung menyuntikkan Trojan. Trojan yang sudah terlanjur masuk ke perangkat dapat menimbulkan masalah serius. Dia bisa mencuri data dari berbagai browser pengguna, lalu mengirim data tersebut ke server hacker.

Nggak berhenti sampai di situ, sebuah shortcut juga bakal dibuat di salah satu folder. Shortcut ini bakal meluncurkan Trojan setiap kali aplikasi dijalankan.

Di sisi lain, Kaspersky juga mengatakan kalau saat ini telah muncul banyak toko palsu yang mengatasnamakan “Squid Game.”

Mayoritas dari toko palsu tersebut bakal menawarkan kesempatan untuk membeli kostum seperti yang dikenakan oleh pemain di serial “Squid Game.” Parahnya lagi, mereka biasanya bakal mengaku sebagai ‘toko resmi.’

Saat berbelanja di situs tersebut, pelanggan beresiko kehilangan uang mereka. Mereka juga nggak bakal mendapatkan barang yang dibeli tersebut.

Oke, kalau masalah uang sih agak mendingan. Tapi saat orang itu sudah terlanjur belanja di situs tersebut, mereka secara nggak langsung telah membagikan informasi perbankan dan indentitas pribadi (seperti rincian kartu, alamat email, alamat, nama lengkap, dll) ke penjahat siber.

Waduh setelah tahu informasi ini, saya harap kalian bisa lebih berhati-hati ya. Memang sih euforia drama “Squid Game” masih terasa sampai sekarang.

Nggak cuma terobsesi dengan alur ceritanya yang asyik sekaligus menegangkan, orang-orang juga mulai tertarik dengan kostum yang dipakai oleh pemain-pemain “Squid Game,” game tentang “Squid Game,” atau hal-hal lain yang tentunya berbau “Squid Game.”

Tapi bagaimana pun juga, tetap hati-hati ya dalam menginstal aplikasi atau membeli barang bertema “Squid Game.” Kalau kamu mau mengunduh aplikasi, cek dulu riwayat pengembang aplikasinya (asli apa nggak, bisa dicek di Google) dan pastikan kamu mengunduhnya dari toko aplikasi terpercaya.

Jika kamu ingin membeli pernak-pernik bertema “Squid Game,” kamu bisa coba lewat situs e-commerce resmi. Ya walau pun nggak toko resminya, setidaknya mereka nggak bakal menipu uangmu. Data yang kamu berikan ke situs e-commerce resmi juga akan tetap aman.