Manuganu: Salah Satu Game Seru Windows Phone

Karena saya lagi mood ngebahas game, mari kita ulas satu game lagi, setelah beberapa hari lalu membahas El Pinguino Run. Kali ini yang saya bahas adalah Manuganu, salah satu game halang rintang di Windows Phone, yang sejenis dengan Rayman Jungle Run dan El Pinguino Run. Selain di Windows Phone, game buatan Alper Sarikaya ini juga cukup populer di Android dan iOS.

Gameplay Manuganu

Di game ini kita akan mengontrol seorang bocah laki-laki yang bertualang. Seperti game halang rintang atau platformer lain, kita akan berlari ke arah samping (side scrolling) untuk menempuh petualangan, dan melakukan banyak aksi untuk menuntaskan sebuah level.

gameplay manuganu

Bicara soal aksi di game ini, yang bisa dilakukan cukup banyak. Ya, karena tantangannya juga beragam. Kita bisa melompat, melompat 2 kali, atau meluncur (sliding). Agak sedikit berbeda dengan El Pinguino Run atau Rayman Jungle Run, di Manuganu kita bisa berhenti berlari. Itu harus kita lakukan saat ada halangan seperti palu berayun.

Oya, di satu stage biasanya jalur lari akan terpisah jadi 2. Ini berhubungan dengan medali yang kita kumpulkan. Dalam satu stage ada 3 medali yang bisa kita dapat. Selain medali, yang kita kumpulkan untuk meraih poin tinggi adalah bluestones yang ada di sepanjang perjalanan.

chapter manuganu

Untuk sementara ini, di Manuganu terdapat 3 chapter yang bisa dimainkan. Masing-masing chapter terbagi lagi dalam beberapa level. Chapter yang tantangannya lebih tinggi tidak akan terbuka sebelum kita selesai memainkan chapter sebelumnya.

Cuma, selain poin yang didapat, sejauh ini tidak terlihat ada sistem achievement di game ini. Selain itu, juga tidak ada leaderboard untuk bersaing dengan pemain lain.

Presentasi Manuganu

Game Manuganu memiliki tampilan yang bagus. Game ini menyajikan tampilan ala 3D sebagai dasar presentasinya. Cukup mengasyikkan, karena di game ini dataran tempat kita berlari kadang menjauh, kadang mendekat. Belum lagi rintangan palu berayun, dan lain-lain.

halangan manuganu

Di game ini terdapat 2 tombol kontrol. Terus terang bentuk tombolnya agak garing. Anyway, tombol panah di sebelah kanan untuk melompat, dan tombol x di sebelah kiri untuk berhenti. Kalau kita memencet tombol panah 2 kali, si bocah juga akan melompat 2 kali yang menambah tinggi jangkauannya. Sedangkan kalau kita ingin berlari lagi setelah berhenti, tekan lagi tombol x itu. Maka kita akan melanjutkan perjalanan kita. Selain 2 gerakan itu, ada lagi sliding yang dilakukan dengan swipe dari atas ke bawah di atas tombol lompat.

Pengalaman Bermain

Bermain Manuganu memang menyenangkan. Tantangannya tidak terlalu sulit, tapi cukup bikin penasaran. Game ini juga cukup “bijaksana” untuk pengumpulan bluestones. Jumlah total bluestones yang tersedia lebih dari target yang perlu kita capai. Jadi, kalau kita melewatkan satu atau dua buah, kita masih bisa mengejar target.

welcome screen manuganu

Gerakan si bocah juga cukup natural dan responsif dengan tekanan tombol. Sejauh yang saya coba sih game ini tidak bermasalah. Bahkan ketika saya berpindah ke aplikasi lain lalu kembali ke game ini.

Menu yang ada di game ini cukup simple. Pengaturan, bahasa, dan berbagi ke jejaring sosial langsung dilakukan di homescreen. Cukup efisien.

Yah, kalau saja ada sejenis achievement atau leaderboard di game ini, pasti akan lebih seru.

***

Game Manuganu ini bisa didapat di Windows Phone Store Indonesia (ratingnya oke lho) dengan harga Rp8.550. Sayangnya tanpa versi trial. Game ini bekerja di Windows Phone 8. Nah, buat yang gemar main game jenis ini, silakan mencoba.

Download: Manuganu

Atau scan QR code di bawah ini

qr code manuganu

Thanks Agus Aripin buat infonya.

More Stories
realme 3 pro
Realme 3 Pro Resmi Diluncurkan di India