Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Mark Zuckerberg Terancam Digulingkan Karena Skandal Cambridge Analytica

Indri Penulis

CEO Meta, Mark Zuckerberg dan beberapa petinggi Meta terancam digulingkan karena imbas skandal Cambridge Analytics yang nggak selesai-selesai.

Kabar ini pertama kali di-share oleh situs Bloomberg. Dalam postingan terbarunya itu, Bloomberg menuliskan bahwa ada ‘kemungkinan besar’ jika Mark Zuckerberg dan berberapa petinggi Meta akan digulingkan.

popculture.id

Beberapa petinggi Meta yang terancam digulingkan antara lain COO, Sheryl Sandberg. Lalu orang yang rencananya akan menggantikan Sheryl sebagai COO saat ia mengundurkan diri dari Meta akhir tahun ini juga ikut dilengserkan.

Penggulingan eksekutif secara besar-besaran itu adalah imbas dari skandal Cambridge Analytica yang bertahun-tahun nggak selesai. Kalau sampai gugatan tentang skandal Cambridge Analytica dikabulkan oleh pengadilan, maka Mark Zuckerberg dan kawan-kawan dipastikan harus angkat kaki dari Meta.

Sementara itu menurut dokumen pengadilan yang diajukan awal pekan ini, Mark Zuckerberg kabarnya harus menjawab pertanyaan sampai enam jam. Sedangkan Sheryl Sandberg tercatat menghadapi hingga 5 jam deposisi.

Gugatan Cambridge Analytica bisa berakhir sebagai kasus class action jika hakim menyetujuinya. Hakim nanti akan menjatuhkan tuduhan bahwa Facebook secara ilegal telah membagikan data pengguna ke pihak ketiga. Facebook juga dianggap tidak cukup melindungi data tersebut dari penyalahgunaan pihak tak bertanggungjawab.

Flashback sedikit, kasus ini bermula saat Cambridge Analytica, perusahaan yang bekerja untuk kampanye kepresidenan Donald Trump pada tahun 2016, mampu mengorek data dari jutaan pengguna Facebook tanpa mendapat izin dari penggunanya terlebih dulu.

Belakangan ini diketahui kalau taktik yang Cambridge Analytica pakai ‘tidak sepenuhnya baru.’ Itu artinya selain kampanya kepresidenan Trump, Cambridge Analytica dan Facebook pernah ‘bersekongkol’ dalam proyek lainnya.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya Mark Zuckerberg duduk di kursi panas atas skandal tersebut. Di tahun 2018, ia harus bersaksi di depan Kongres (walau masih diperdebatkan seberapa efektif pertanyaan tersebut).

Di waktu yang hampir berdekatan, Sheryl Sandberg juga menjawab berbagai pertanyaan panas yang diajukan Kongres. Sandberg berbicara tentang kegagalan Facebook untuk melindungi data pengguna dari Cambridge Analytica dan ‘membenarkan’ model bisnisnya.

Walau belum pasti Mark Zuckerberg dan teman-temannya jadi digulingkan atau nggak, tapi kemungkinan itu tetap ada. Mengingat skandal Cambridge Analytica benar-benar bukan guyonan receh. Konon kalau memang perlu dilakukan, maka proses deposisi akan terjadi beberapa waktu sebelum tanggal 20 September 2022.

    %d blogger menyukai ini: