Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

iPhone 14 Alami Masalah Kamera di TikTok, Instagram, dll

Indri Penulis

Kamera iPhone 14 Pro dan Pro Max kabarnya mengalami masalah di beberapa aplikasi seperti TikTok, Instagram, dll. Cek fakta selengkapnya di sini.

iPhone 14 Series resmi mengguncang pasar smartphone beberapa waktu lalu. Khususnya untuk model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang hadir dengan fitur baru Dynamic Island. Fitur ini dianggap sangat unik dan fenomenal. Bahkan fitur Dynamic Island kabarnya sampai ditiru oleh vendor smartphone lain seperti Xiaomi lho.

popculture.id

Sayangnya perilisan iPhone 14 Series nggak cuma diwarnai kabar-kabar mengesankan. Baru-baru ini dilaporkan telah terjadi masalah pada kamera iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Setelah peluncuran kedua ponsel tersebut, beberapa pengguna awal melaporkan di Twitter, Reddit dan TikTok, bahwa lensa utama kamera belakang bergetar tak terkendali di beberapa aplikasi pihak ketiga dengan fungsi kamera. Beberapa aplikasi diantaranya seperti TikTok, Instagram, Snapchat, dll.

Akibat masalah kamera tersebut, kabarnya perekaman video dari aplikasi pihak ketiga jadi goyah. Tentunya hal tersebut sangat merugikan pengguna, apalagi buat kalangan konten kreator yang butuh hasil video maksimal. Namun anehnya, masalah tersebut kabarnya sama sekali tidak terjadi pada aplikasi Camera bawaan di iPhone.

Sayangnya sampai sekarang belum jelas seberapa luas masalah yang terjadi, atau penyebab dasarnya. Sejak kabar ini mencuat, Apple juga masih belum memberikan pernyataan resmi.

Namun menurut beberapa pihak, lensa utama pada model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max punya fitur stabilisasi gambar optik-sensor-shift ‘generasi kedua.’ Nah kemungkinan ada bug di dalam fitur stabilizer tersebut. Itulah yang diduga menyebabkan gangguan pada kamera iPhone.

Sementara itu menurut YouTuber Luke Miani, ia memang sempat mengalami masalah kamera saat menguji iPhone 14 Pro Max. Masalahnya pun sama seperti yang dilaporkan pengguna media sosial. Yakni lensa utama ponsel tiba-tiba bergetak tidak terkendali. Akibat insiden tersebut, lensa jadi tidak bisa fokus dengan benar dalam penggunaan berikutnya.

Luke Miani bahkan mengatakan kalau masalah tersebut juga terjadi di aplikasi Camera bawaan iPhone. Jadi dia langsung pergi ke Apple Store. Untungnya pihak Apple bersedia mengganti ponsel tersebut dengan yang baru.

Yahi kalau masalahnya memang disebabkan oleh bug, solusinya harusnya gampang. Apple bisa menerapkan perbaikan lewat pembaruan iOS 16.1 beta. Tapi kalau masalah kamera iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max terjadi di perangkat kerasnya, berarti Apple harus rela mengganti semua unit yang bermasalah dong. Ya kan?

Update

Berdasar penjelasan dari email yang dikirim Alex Kirschner, juru bicara Apple, ke The Verge, Apple akan merilis update (iOS) untuk memperbaiki masalah ini. Namun ia tidak menyebutkan penyebab masalah tersebut.

    %d blogger menyukai ini: