4 Tips Mengatasi Masalah PC Saat Bermain Game

4 Tips Mengatasi Masalah PC Saat Bermain Game

Masalah PC gaming sering dijumpai di kalangan gamers dan kebanyakan dari kita tidak bisa mengatasnya. Biasanya masalah tersebut karena PC kelebihan beban program atau mungkin game yang kamu instal tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh developer game.

Waktu bermain game pun jadi tidak nyaman karena ada beberapa error. Nah ditulisan kali ini saya akan berikan beberapa tips untuk mengatasi masalah pada PC saat bermain game.

Yuk disimak!

RAM Overload

4 Tips Mengatasi Masalah PC Saat Bermain Game

RAM menjadi salah satu hardware vital pada sebuah setup PC karena berperan besar dalam menyimpan dan mengolah data program sehingga game-game yang kamu mainkan bisa berjalan lancar.

Tapi kalau kamu sering melakukan multitasking saat bermain game, maka hal tersebut bisa menyebabkan RAM overload dan game yang kamu mainkan akan hang ata nge-freeze.

[irp posts=”27213″ name=”Beberapa Error Saat Update Windows 10 PC dan Cara Mengatasinya”]

Tips untuk bagian RAM sangat mudah, cukup “end task” program lain yang sedang berjalan selain program game yang mau kamu mainkan. Jika dirasa harus mengecek kerusakan RAM, ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan hati-hati dan jika sudah rusak total, ya ganti baru.

Software Game Rusak

4 Tips Mengatasi Masalah PC Saat Bermain Game

Nah pada point kedua ini biasanya dialami oleh para gamers yang memainkan game bajakan. Pasti banyak file-file corrupdidalam folder instalasi game tersebut.

File yang corrupt tidak akan bisa terbaca oleh system, akibatnya game yang mau dimainkan akan sering mengalami masalah, biasanya sih not responding pada loading game.

Solusi untuk masalah ini adalah, pastikan proses instalasi sudah benar sesuai tutorial yang ada dalam folder yang sudah kamu download (kalau download bajakan), tapi lebih baik beli game original agar masalah seperti ini tidak akan pernah ada lagi.

Masalah pada Power Supply

4 Tips Mengatasi Masalah PC Saat Bermain Game

Permasalahan pada PC disaat kamu bermain game juga bisa disebabkan oleh Power Supply yang tidak optimal ataupun tidak stabil yang bisa menyebabkan komputer freeze dan mau tidak mau harus restart PC secara paksa.

Kalau kamu bingung pada bagian Power Supply ini dan tidak mau melakukan sesuatu yang beresiko, cukup bersihkan sirkulasi udara yang ada pada bagian Power Supply. Karena biasanya Power Supply tidak berjalan optimal karena suhunya yang overheat.

Motherboard Bermasalah

4 Tips Mengatasi Masalah PC Saat Bermain Game

Jika RAM termasuk salah satu hardware vital pada komponen PC, maka Motherboard adalah hardware vital paling utama. Semua perangkat dipasangkan pada sebuah motherboard untuk mengolah data dari satu komponen ke komponen lainnya.

Pernahkah kamu bermain game dan tiba-tiba layar monitor jadi screen of death atau yang lebih akrab disebut blue screen? Kalau pernah, kemungkinan besar Motherboard kamu bermasalah.

[irp posts=”48170″ name=”Permasalahan yang Hanya Gamer Pirate yang Tahu Sakitnya”]

Solusi untuk Motherboard yang bermasalah adalah merestart paksa komputer kamu dan kemudian cek apakan ada data-data yang rusak dari software bawaan PC. Jika ada, segera repair atau hapus dan download yang baru dari Internet.

Dan jika dirasa sudah normal, jangan lupa untuk memeriksanya kembali secara rutin karena tidak menutup kemungkinan masalah tersebut akan terulang lagi dilain waktu.

Sekian tips-tips untuk mengatas masalah pada PC saat bermain game. Semoga waktu bermain game kamu tidak terganggu lagi oleh masalah-masalah yang saya sebutkan diatas.

%d blogger menyukai ini: