Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Masalah Netflix yang Sering Dihadapi Pengguna & Solusinya

gambar ilustrasi masalah netflix
Indri Penulis

Ada beberapa masalah Netflix yang sering dihadapi pengguna. Di artikel ini kami membahasnya dan memberikan seperti apa cara mengatasinya.

Siapa orang zaman now yang nggak tahu Netflix? Apalagi Netflix adalah salah satu platform streaming film dan serial terpopuler di dunia.

Netflix punya banyak fitur yang bisa memanjakan penggunanya. Tapi walaupun punya fitur yang cenderung lebih lengkap dibanding platform streaming lain, bukan berarti pengguna langsung 100% nggak pernah mengalami masalah saat pakai Netflix.

Di artikel sebelumnya saya telah membocorkan kode error Netflix lengkap dengan solusinya. Kali ini saya akan beberkan beberapa masalah yang sering dihadapi pengguna saat memakai Netflix. Tidak hanya itu, saya juga akan memberikan tutorial mengatasi masalah Netflix.

Mengatur Ulang Akun Netflix

Ada beberapa alasan kenapa orang memutuskan untuk mengatur ulang akun Netflix-nya. Tapi apapun alasannya, saat kamu mengatur ulang akun Netflix, itu sama saja dengan menghapus riwayat tontonanmu.

gambar hapus profil di netflix
Sumber: iTech Hacks

Kalau kamu sudah yakin untuk mengatur ulang akun Netflix, ini caranya. Kamu tinggal menghapus profil Netflix. Selanjutnya buka halaman “Manager Profile (ikon Profile > Manage Profile).”

Kemudian klik profil yang mau kamu atur ulang, dan klik “Delete Profile” untuk mengonfirmasinya. Setelah profil resmi dihapus, kamu bisa bikin profil dari awal.

Ubah Resolusi Netflix

Perlu kamu tahu, Netflix menawarkan kualitas streaming yang berbeda-beda. Kualitas streaming dibedakan berdasarkan paket harga yang kamu bayar. Paket dasar/basic mendukung resolusi SD, paket standar mendukung HD, dan paket premium mendukung HD sampai UHD.

Kalau kamu nonton Netflix di TV, Netflix otomatis akan menampilkan resolusi tertinggi yang didukung oleh paket langgananmu.

Tapi kamu mungkin perlu membuka halaman Pengaturan Pemutaran Netflix (Account > Expand Profile > Playback Settings) dan atur “Data usage per screen” jadi High. Pengaturan ini akan membuat Netflix nggak asal gonta-ganti kualitas pemutaran.

gambar setelan playback netflix
Sumber: Winx DVD

Sementara itu untuk mendapatkan kualitas streaming Netflix terbaik di PC, caranya agak beda. Kamu perlu mengunduh aplikasi Netflix dari Microsoft Store atau menggunakan browser Microsoft Edge.

Baca Juga:  Paket Langganan Netflix Berbasis Iklan Nggak Izinkan Download Konten

Kalau kamu ingin streaming UHD, hal tersebut hanya bisa terjadi kalau PC-mu benar-benar mendukung resolusi UHD.

Kurang Cocok dengan Saran Netflix

Netflix selalu merekomendasikan film/serial sesuai algoritma mereka ke pengguna. Sayangnya nggak sedikit pengguna yang merasa nggak cocok dengan rekomendasi konten dari Netflix.

Yah memang nggak bisa dipungkiri, rasanya pasti sulit untuk mengambil kendali yang benar atas rekomendasi konten dari Netflix. Tapi setidaknya ada beberapa cara untuk mempengaruhi konten rekomendasi Netflix.

Fyi, rekomendasi ditentukan oleh peringkatmu, peringkat anggota lain dengan selera yang sama denganmu, serta riwayat konten yang selama ini kamu tonton.

Netflix dulu punya sistem peringkat bintang lima. Sistem tersebut bisa dipakai pengguna untuk memberikan penilaian kepada konten yang mereka tonton.

gambar tangkapan layar cara menyukai film

Tapi sekarang, pengguna hanya bisa memberikan ‘suka’ dan ‘tidak suka’ ke konten yang ditonton. Tapi kelebihannya, kamu bisa memberikan tanda tersebut ke judul konten Netflix apa pun. Nggak peduli apakah kamu sudah menonton konten tersebut atau belum.

Untuk melakukannya, kamu tinggal arahkan kursor ke judul dan klik ikon jempol ke atas atau jempol ke bawah. Aktivitas ini akan memberi tahu Netflix pendapatmu tentang konten tersebut. Kemudian pendapatmu tadi akan dimasukkan ke dalam algoritma rekomendasi Netflix untukmu.

gambar daftar rating dari pengguna di netflix

Kamu bisa melihat semua film atau serial yang pernah kamu nilai di Account > Expand Profile > Ratings.” Di sana kamu mengatur ulang apa yang kamu sukai dan apa yang tidak.

Film di Netflix Tiba-Tiba Hilang

Apakah kamu sering mengalami kasus film di Netflix tiba-tiba hilang? Tenang dulu. Perlu kamu, Netflix secara teratur bakal menambah dan menghapus beberapa film serta acara TV dari platform-nya.

Baca Juga:  Makin Ambisius! Netflix Bikin Studio Game di Helsinki, Finlandia

Ini dilakukan karena Netflix punya hak atas judul-judul film/acara tersebut untuk waktu terbatas. Setelah waktunya habis, Netflix harus memutuskan apakah ingin memperbarui hak atau melepaskannya.

Biasanya kalau film/serialnya laris manis, Netflix nggak bakal ragu untuk memperpanjang hak milik. Tapi kalau tayangan tersebut dipandang kurang diminati, Netflix juga nggak akan ragu untuk melepaskannya. So, jangan heran kalau film/serial kesayanganmu tiba-tiba hilang ya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui film atau acara TV Netflix yang akan hilang dalam 30 hari ke depan. Klik “More Info” pada judul film/serial apapun. Kalau konten tersebut akan segera dihapus, kamu bakal melihat tanggal tercantum dengan keterangan “Last day to watch on Netflix.”

Daftar “Lanjutkan Menonton” yang Mengganggu

Saat kamu menonton konten Nerflix dalam waktu singkat dan tidak mencapai kredit, konten tersebut bakal muncul di daftar “Lanjutkan Menonton” atau “Continue Watching.”

Untuk menghapus konten dari daftar tersebut, kamu bisa klik tombol X (hapus) pada film yang muncul di daftar “Lanjutkan menonton” itu.

menghapus lanjutkan menonton

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya melalui setelan. Yaitu di “Account > Expand Profile > Viewing Activity“. Di sana terdapat daftar semua aktivitas tontonanmu.

gambar daftar aktivitas tontonan netflix

Itulah beberapa masalah Netflix yang mungkin sering dialami pengguna. Kalau kamu kebetulan sering mengalami masalah-masalah di atas, apa sih yang biasanya kamu lakukan? Share di kolom komentar ya.