Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Cara Melihat Analisis TikTok Buat Bikin Konten yang Lebih Berkualitas

Indri Penulis

Analisis TikTok untuk apa? Lalu bagaimana cara melihat analisis TikTok? Baca ulasan lengkapnya dalam artikel ini yuk.

Untuk mengembangkan media sosial, nggak boleh asal sembarangan. Selain bikin konten yang sesuai nama niche kamu, kamu juga perlu memperhatikan seperti apa model video yang disukai penonton, dan kapan waktu yang tepat untuk memposting video agar jangkauan penonton lebih banyak.

popculture.id

Saat ini berbagai media sosial telah menyediakan fitur analitis katakanlah seperti Instagram dan Facebook. Dari sana, kamu bisa melihat analisis dan perkembangan akun dalam periode tertentu.

TikTok juga punya fitur analisis yang sama seperti rekan media sosialnya yang lain. Sayangnya mungkin masih ada TikTokers pemula yang belum mengetahui fitur ini. Padahal kalau sudah tahu, fitur ini bisa banget membantu pengembangan akun dan konten supaya lebih berkualitas.

Oke, kali ini saya mau menjelaskan apa itu analisis TikTok, dan juga bagaimana cara melihat analisis TikTok. Mari langsung cek penjelasannya di bawah.

Pentingnya Memahami Analisis TikTok

Analisis TikTok untuk apa? Analisis akan membantumu memahami kinerja video kamu. Singkatnya, analisis TikTok ini lebih sebagai sumber wawasan daripada strategi.

Kalau performa salah satu video-mu berbeda dari video sebelumnya, kamu nggak boleh nge-judge video tersebut nggak disukai orang. Pasalnya hasil analisis seperti ini bisa berbeda dari waktu ke waktu.

Hal yaang perlu kamu lakukan adalah meninjau analisis untuk mengetahui perbedaan waktu tonton dan faktor lain untuk menentukan konten yang benar-benar disukai penonton.

Cara Akses Analisis TikTok

Bagaimana cara mengakses TikTok analisis? Untuk mengaksesnya, kamu cukup buka tabProfil.” Selanjutnya, klik “Business suite > Analisis.”

Membaca Analisis

Setelah berhasil mengakses analisis, sekarang saya akan kasih tahu beberapa poin penting tentang cara membaca analisis TikTok. Ada 3 tab yang bisa kamu buka untuk melihat analisis TikTok dimulai dari Ringkasan, Konten, Pengikut dan LIVE

Analisis Konten

Tab Konten menyajikan analisis yang lebih luas untuk setiap video yang kamu posting. Di sini kamu bisa menemukan informasi seperti total penayangan, total suka, komentar, pembagian, waktu tonton rata-rata, video yang ditonton secara penuh, jenis sumber lalu lintas (dari mana orang bisa menemukan video kamu, misal dari FYP), profil, dll. Semua data ini hanya tersedia dalam 7 hari terakhir.

Performa

Analisis yang pertama ini bisa kamu lihat dalam dua tab yakni berdasarkan Tayangan Video dan Tingkat Penyelesaian. Tayangan Video akan menampilkan jumlah orang yang menonton kontenmu selama periode tertentu. Sedangkan Tingkat Penyelesaian akan menampilkan jumlah orang yang benar-benar menonton video-mu ‘sampai selesai.’

Keterlibatan

Analisis Performa bisa kamu pakai buat memantau jumlah keterlibatan audiens di kontenmu mulai dari suka, komentar, atau bahkan share.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar di atas, itu adalah contoh cara kerja TikTok dalam menganalisis keterlibatan audiens. Contoh di tanggal 14 Juni, tercatat ada 81 suka yang berhasil diterima oleh akun TikTok.

Pertumbuhan

Pertumbuhan bisa kamu pakai untuk melihat pertambahan jumlah pengikut baru per tanggal, sesuai dengan video yang diunggah di tanggal itu.

Retensi

Retensi bisa kamu pakai untuk melihat penurunan durasi orang saat menonton video-mu. Nah lewat data ini, kamu akan lebih mudah menganalisa jenis dan durasi (seberapa lama) video TikTok yang diminati dan nggak diminati audiens.

Gender & Lokasi

Kalau yang bagian ini akan menampilkan persentase jumlah penonton di video tertentu berdasarkan gender dan lokasinya.

Analisis Follower

Tab ini menyoroti wawasan soal komunitas yang kamu bangun di TikTok termasuk informasi tentang perkembangan jumlah pengikut, dari mana penonton kamu berasal, jam-jam di mana pengikut sangat aktif di TikTok (per hari / minggu). Data ini bisa kamu lihat dari 7 hari terakhir, atau mulai dari 28 hari terakhir.

Jumlah

Sesuai namanya, bagian ini bisa kamu pakai untuk melihat jumlah pengikut saat ini, dan memantau pertumbuhan pengikut selama periode tertentu.

Gender

Kalau ini dipakai untuk memantau persentase penonton konten selama periode tertentu secara umum, berdasarkan jenis kelaminnya.

Aktivitas

Bagian ini berguna untuk melihat jam-jam di mana follower paling aktif / banyak. Dengan analisis ini, kamu bisa mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk posting video TikTok.

Analisis LIVE

Terakhir soal tab LIVE. Sesuai namanya, tab ini akan membantumu mendapat insight dari aktivitas LIVE yang kamu lakukan di TikTok. Termasuk jumlah viewer, follower baru, sampai jumlah diamonds.


Oke itu tadi panduan dan cara melihat analisis TikTok ya. Intinya dengan melihat data-data yang ditampilkan di analisis kamu jadi bisa bikin konten yang lebih ringkas, menarik, dan tentunya bisa posting di waktu yang tepat.

Dengan begitu, harapanya video milikmu bisa lebih sering muncul di FYP TikTok. Betul kan?

    %d blogger menyukai ini: