Melihat Lagi Image yang Pernah Di Upload di WhatsApp

Cocok buat yang ga bisa move on

Beberapa waktu lalu kami pernah memberi tips bagaimana mematikan fitur auto save image di WhatsApp. Masalahnya, ada kalanya kita ingin melihat lagi image yang pernah di upload di WhatsApp oleh teman kita, tapi waktunya sudah lewat cukup lama. Kalau tidak auto save ke galeri, bagaimana kita bisa melihatnya? Masak kita harus scroll percakapan sampai menemukan image yang bersangkutan? Tentu tidak! Tenang, ada fitur yang agak ngumpet di WhatsApp untuk Windows Phone.

Sebenarnya pada setiap chat room di WhatsApp ada galeri media. Baik itu chat room personal, mau pun di group. Hanya saja tidak terlihat tombol yang menunjukkan galeri itu dengan jelas. Buat yang punya rasa ingin tahu mungkin sudah mencoba-coba membuka semua hal dan menemukannya. Bagi yang kurang telaten, simak petunjuk di bawah ini.

  1. Ingat-ingat dulu di chat room mana image itu pernah di share
  2. Buka chat room yang bersangkutan.
  3. Buka application bar, yaitu tap tanda […] di bawah.
  4. Di sana akan ada tulisan Info (di chat room personal) atau Group Info (di chat room group), tap pilihan tersebut.
  5. Akan terlihat detil informasi tentang kontak atau group yang bersangkutan. Lihat di bagian judul halaman yang bersangkutan. Untuk chat room Group, di sebelah tulisan Info ada tulisan Media. Tap tulisan tersebut, atau swipe halaman ke kanan. Nah, di sana akan ada galeri untuk semua image yang pernah di upload di chat room tersebut. Untuk chat room personal agak tricky. Karena TIDAK ADA tulisan Media di sebelah nama kontak. Tapi kalau kita swipe halaman Info itu ke kanan, kita akan menemukan galeri media tersebut.
  6. Untuk melihat image, tinggal tap image yang bersangkutan. Kita bisa save ke galeri ponsel, forward ke kontak lain, assign to group (menjadikan foto profile group), atau set as profile photo (profil kita).

Mudah bukan? Ternyata, kita memang bisa melihat lagi semua image yang pernah di-upload. Jadi sebenarnya kita tidak kehilangan apa pun walau kita mematikan fitur auto save image di WhatsApp. Hm, boleh dibilang ini fitur yang cukup oke untuk sebuah aplikasi chatting.

More Stories
aplikasi editor foto android adobe lightroom
5 Aplikasi Editor Foto Terbaik untuk Android