mode gelap google chrome

Cara Memakai Mode Gelap di Chrome Android

Akhirnya mode gelap hadir di aplikasi browser Google Chrome Android. Namun, pilihan mode ini belum tersedia di menu Chrome. Untuk itu, kami akan membahas cara memakai mode gelap di Google Chrome.

Mode gelap alias dark mode ini hadir pada versi 74 browser Google Chrome. Sebelum sampai di perangkat Android, dark mode sudah lebih dulu sampai di browser untuk Windows 10. Bahkan macOS Mojave sudah bisa menggunakannya di versi 73.

Seperti sudah disebut di atas, pilihan menu gelap ini belum tersedia di menu Google Chrome. Mungkin karena di versi Windows, mode ini mengikuti tampilan utama dari sistem. Kalau sistem berwarna gelap, maka browser pun berwarna gelap. Begitu sebaliknya.

Jadi, perlu cara khusus untuk bisa memakai mode gelap ini di Android.

Cara Memakai Mode Gelap Chrome Android

  1. Buka aplikasi browser Google Chrome
  2. Ketik di kotak alamat: chrome://flags, lalu tekan enter.
  3. Kalau sudah masuk ke sana, ketik saja ‘dark mode‘ di kotak pencari.
  4. Setelah setelan itu muncul, pilih ‘enabled‘ dari dropdown menu yang ada.
  5. Restart / relaunch browser seperti yang diminta (akan muncul tombolnya di sudut kanan bawah).
  6. Sekarang kamu bisa melihat pilihan ‘Dark mode‘ di setelan (setting) Chrome.
  7. Aktifkan.
cara memakai dark mode chrome android
Aktifkan dark mode Chrome Android

Kalau ingin cara yang lebih singkat, copas chrome://flags/#enable-android-night-mode di kotak alamat Chrome. Lalu aktifkan dari dropdown menu dan restart browser.

Walau pilihan mode gelap ini hadir di setelan browser, saya mengalami mode ini langsung aktif ketika saya membuka ulang browser (proses relaunch).  Bisa jadi kamu mengalami hal yang sama, bisa jadi berbeda.

Yang pasti, sekarang mode gelap Chrome Android sudah aktif dan kamu bisa memilih sesuai keinginan. Yah, mode gelap lebih keren sih.

More Stories
Layanan Google Inbox Akan Resmi Ditutup Maret 2019