Pakai Dark Mode di Google Chrome Desktop Supaya Tidak Silau

penampilan juga lebih keren

dark mode google chrome windows 10

Browser Google Chrome akhirnya menerapkan dark mode. Awalnya fitur ini hadir di Chrome 73 untuk macOS Mojave. Sedangkan untuk Windows baru hadir di Chrome 74. Lalu, bagaimana cara memakai dark mode Chrome tersebut?

Sebelumnya harap diingat bahwa dark mode atau mode gelap berbeda dengan theme. Ya, sebelumnya kamu memang bisa menampilkan browser ini dalam warna hitam dengan menggunakan theme. Tapi sekarang, kamu bisa mengaktifkannya secara bawaan, tanpa menambah theme.

Secara penampilan, dark mode Google Chrome tidak jauh berbeda dengan versi Incognito. Semua elemennya penuh nuansa hitam dan abu-abu tua. Jelas lebih bersahabat di mata kita. Selain itu, juga terlihat lebih keren.

tampilan dark mode chrome windows
Tampilan mode gelap Chrome Windows 10

Seperti sudah disebut di atas, tampilan gelap browser ini hadir secara bawaan. Jadi mengikuti mode dari sistem operasi secara penuh.

Sekedar catatan, Windows 10 dan macOS sudah mendukung mode gelap di sistem operasi. Windows mendukungnya sejak update Oktober 2018. Sedangkan macOS sudah mendukung mode gelap sejak macOS Mojave, September 2018.

Jadi, kalau sistem operasi yang ada di komputermu lebih lama dari kedua versi sistem di atas, kemungkinan besar kamu tidak bisa memakai dark mode.

Lalu, apa lagi yang harus kita lakukan untuk bisa memakai mode gelap Chrome?

  1. Update browser Chrome ke versi terbaru (min. Chrome 73 untuk macOS dan Chrome 74 untuk Windows 10).
  2. Aktifkan mode gelap sistem operasi di pengaturan masing-masing OS.

Itu saja. Browser Google Chrome akan secara otomatis beralih ke dark mode. Asik kan?

Secara pribadi, saya sendiri memang lebih suka dengan tampilan gelap ini. Tampilan ini kelihatan gahar di laptop ASUS Vivobook X505Z yang sedang saya pakai. Sayangnya, laptop lain yang saya pakai, Macbook Pro tahun 2012, masih menggunakan macOS High Sierra. Jadi belum bisa memakai mode gelap ini secara bawaan.

Apakah kamu sudah mencoba dark mode Google Chrome? Lebih suka mana dengan versi terang? Eh, kamu juga bisa memakainya di Chrome Android.