Sembunyikan Video Berbahaya Dengan Mode Incognito YouTube

mode incognito youtube

Apa kamu tahu kalau aplikasi YouTube sekarang punya mode incognito? Tapi apa fungsinya? Yuk kita cari tahu lebih dalam.

Mode incognito biasanya kita temui di browser. Hampir semua browser memilikinya. Istilahnya mungkin berbeda — incognito, private browsing, dll — tapi fungsinya sama. Di mode ini browser tidak akan menyimpan riwayat penelusuran.

Hal ini tentu saja berguna kalau kamu tidak ingin situs-situs yang kamu buka sebelumnya diketahui orang lain. Misalnya kamu pernah membuka situs “yang menegangkan” tapi komputer juga suka dipinjam oleh anggota keluarga (dan kamu malas ganti user). Yah, buat jaga-jaga.

Fungsi mode incognito YouTube pun begitu. Kalau kamu menggunakan mode ini, kamu seolah-olah masuk dengan akun lain, bukan akunmu. Rekomendasi video akan berbeda dengan biasanya. Tentu saja, apa yang kamu tonton dalam mode incognito tidak tercatat.

perbandingan mode incognito youtube

Perbandingan rekomendasi video YouTube biasa dan di incognito

Seperti kita ketahui bersama, rekomendasi video yang muncul di YouTube hadir berdasarkan ketertarikan kita. Kalau kamu suka lihat video tentang Marvel, maka video bertema Marvel lain akan sering muncul.

Tapi rekomendasi ini bisa berubah kalau kamu tiba-tiba menonton video yang berbeda. Misalnya video Siti Badriyah. Nanti video sejenis bisa muncul di rekomendasi video.

Nah, selain untuk “menyembunyikan” apa yang pernah kamu tonton, mode incognito YouTube juga berguna untuk menjaga rekomendasi video supaya tetap sesuai keinginanmu.

Cara Memakai Mode Incognito YouTube
  1. Buka aplikasi YouTube,
  2. Tekan ikon pengguna / gambar profil di pojok kanan atas,
  3. Pilih ‘Turn On Incognito’.
mengaktifkan mode incognito

Mengaktifkan mode incognito

Kamu sudah masuk ke mode incognito. Perhatikan gambar profil yang berubah dan ada pemberitahuan di bawah. Untuk mematikannya, gunakan cara serupa. Nanti kamu akan kembali masuk dengan akunmu. Semua pun kembali normal.

Terus terang, saya belum cek apakah fitur ini tersedia di aplikasi YouTube Go. Bagaimanapun perilaku kedua aplikasi ini berbeda. Sementara ini, silakan coba fitur mode Incognito YouTube di aplikasi kalian. Selamat menyaksikan.

Ada komentar?