Hemat Kuota Nonton YouTube Dengan Aplikasi Ringan YouTube Go

aplikasi youtube go

Google membuat aplikasi YouTube Go agar pengguna di negara-negara berkembang bisa hemat kuota nonton YouTube. Aplikasi ini diumumkan pada awal tahun 2017 dan belum lama ini dirilis untuk beberapa negara tertentu, termasuk Indonesia.

Kamu mungkin sudah mendengar soal YouTube Go. Paling tidak, kalau kamu baca blog ini, kami sudah pernah membahasnya sebagai salah satu aplikasi ringan, bersama Facebook Lite, LINE Lite, dll. Tapi apa saja yang membedakannya dengan aplikasi YouTube?

Ukuran Aplikasi YouTube Go Kecil

ukuran aplikasi youtube go

Ya. Aplikasi YouTube Go jauh lebih kecil daripada aplikasi utamanya. Besar file yang kamu unduh saat memasang aplikasi ini hanyalah 7,23 MB (di deskripsi Play Store disebut 9,4 MB). Ketika saya cek di setelan Android, aplikasi ini menggunakan memori internal sebesar 25 MB untuk aplikasi itu sendiri (aplikasi YouTube 100 MB), dan 38 MB untuk data.

Dirancang Untuk Menonton

perbandingan aplikasi youtube dan youtube go
Perbandingan aplikasi YouTube dan YouTube Go

Aplikasi YouTube Go memiliki fitur yang cukup minim. Dibandingkan aplikasi utama yang punya lima tab (Home, Trending, Subscriptions, Activity dan Library), aplikasi ini hanya punya dua tab (Home dan Download). Selain itu, ketika menonton video, juga tidak ada berbagai tombol seperti biasanya (Suka, Tidak Suka, Bagi, Download, Tambahkan…) dan tidak ada komentar.

Bisa Lihat Cuplikan Video Sebelum Nonton

 Ketika kamu membuka salah satu video, YouTube Go menunjukkan cuplikan video tersebut. Jadi kamu bisa melihat apakah kamu benar-benar tertarik dengan video itu atau tidak. Kalau tidak, ya kembali ke halaman semula. Tidak perlu menggunakan kuota internet lebih untuk yang tidak perlu.

Bisa Memilih Kualitas Video dan Tindakan

pilihan menonton video di youtube go
Ada video yang bisa diunduh ada yang tidak

Bersama cuplikan video itu, kamu juga mendapat pilihan kualitas video. Ada kualitas dasar, kualitas standar, dan kualitas tinggi. Lalu kamu juga bisa memilih tindakan apa yang akan kamu ambil. Mau tonton langsung (streaming) atau download. Pilihan ini jelas bisa membuatmu hemat kuota saat nonton YouTube. Tapi ada video yang hanya bisa ditonton dan tidak bisa diunduh.

Bisa Berbagi Video Offline

berbagi video youtube go
Berbagi video dengan YouTube Go

Ini merupakan fitur aplikasi YouTube Go yang unik. Kamu bisa mengirim video yang sudah kamu download ke teman melalui koneksi Bluetooth. Prosesnya mirip seperti transfer file dengan AirDroid. Aplikasi YouTube Go akan memindai perangkat di sekitar dengan koneksi Bluetooth aktif. Sisanya tinggal proses kirim.

Mendukung Versi Android Lama

Nah, kamu yang belum punya kesempatan membeli handphone baru boleh lega. Tidak perlu takut handphone milikmu jadi lemot karena menonton video YouTube. Aplikasi YouTube Go mendukung mulai dari Android 4.1 (Jellybean) sampai yang terbaru (saya menggunakan Android 7 Nougat).

Nah, sekarang kamu sudah mengenal aplikasi YouTube Go dengan lebih baik. Bisa kamu lihat, untuk bisa hemat kuota waktu nonton YouTube, aplikasi ini menghilangkan fitur media sosial di dalamnya.

Jadi, kalau kamu hanya ingin menonton, aplikasi ini bisa jadi pilihan jitu. Tapi kalau kondisimu memungkinkan dan ingin yang lebih powerful, ya gunakan aplikasi utama. Berminat? Atau hanya sekedar ingin mencoba? Tidak masalah.

Download

%d blogger menyukai ini: