Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Memberi Nama Kategori Live Tile di Start Screen

Anom Penulis

Kita tahu bahwa hampir semua hal di Windows Phone bisa disematkan (pin) di Start Screen. Mulai dari gambar, halaman situs, sampai fitur sebuah aplikasi. Kali ini kami akan memberikan tips ringan tentang bagaimana memberi nama kategori live tile di start screen Windows Phone kamu.

Memang tampilan start screen Windows Phone, terutama Windows Phone 8 dan Windows Phone 7.8, bisa dibilang unik. Kita bisa mengatur shortcut yang biasa disebut live tile ini sesuai dengan keinginan kita. Jadi, tampilan start screen Windows Phone kita benar-benar mencerminkan siapa kita. Nah, buat kamu yang ingin menata live tile di start screen tampil dengan lebih teratur dan masuk dalam kelompok-kelompok tertentu, ikuti langkah berikut ini.

  1. Atur live tile di start screen sesuai kategorinya, atau pengelompokan sesuai keinginanmu. Misalnya: Kelompokkan live tile aplikasi social media dalam baris tertentu.
  • Buka Internet Explorer di ponsel Windows Phone kamu.
  • Pilih tile warna hitam (black)
  • Pilih warna teks putih, ukuran menyesuaikan.
  • Ketik nama kategori atau nama pengelompokan tile sesuai keinginanmu. Misal: Social.
    Namanya jangan terlalu panjang. Besar kotak terbatas, jadi nama bisa terpotong. Kalau terpotong sedikit bisa diakali dengan mengecilkan ukuran teks.
  • Tap generate
    • Setelah muncul hasilnya, tap ikon more […] di application bar di bawah. Pilih pin to start.
    • Tulisan judul tersebut akan muncul di start screen sebagai tile. Atur ukuran tile ke yang paling kecil.
      Harap diingat, untuk mereka yang masih menggunakan Windows Phone 7.5 ukuran tile (dan tulisannya) akan relatif lebih besar. Jarak antar kelompok tile juga akan lebih besar.
  • Letakkan tile tersebut (misal yang bertuliskan Social tadi) di atas kelompok tile aplikasi social media yang sudah kamu atur.
  • Selesai. Kamu bisa melakukannya kembali untuk kategori/kelompok live tile yang lain.
  • Oya, sebenarnya untuk warna tile dan tulisan terserah kalian. Warna hitam saya pilih untuk tipuan mata saja. Biar seolah-olah tulisan itu bagian dari start screen Windows Phone.

    Lalu, apa sebenarnya yang baru saja kita lakukan? Secara sederhana, yang kita lakukan adalah menyematkan (pin) sebuah halaman website dengan tulisan Social di start screen ponsel kita. Kalau tile itu kita tap, tentu saja kita akan menuju ke halaman website berisi tile yang kita buat tadi. Tapi untuk membantu kita menata tampilan start screen, cara ini oke juga kan? Namanya juga trik. πŸ™‚

    Selamat mencoba, dan salam olahraga!

    Oh, thanks Keary Wass for the tips… πŸ™‚