Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Tips dan Cara Membersihkan Port USB Ponsel dengan Aman

Indri Penulis

Bagaimana cara membersihkan port USB pada ponsel? Kamu bisa praktikkan cara di bawah ini supaya nanti nggak salah langkah yang malah bikin port rusak.

Port USB adalah bagian paling penting di ponsel karena sering dipakai untuk mengisi daya / mentransfer data. Tapi sayangnya, bagian yang satu ini justru jarang diperhatikan pengguna. Karena letaknya nggak terlalu terlihat, nggak jarang bagian ini sering penuh debu.

popculture.id

Perlu kamu tahu, port USB yang ada di ponsel sangat sensitif. Kalau nggak pernah dibersihkan dan sampai kemasukan debu atau kotoran, hal tersebut bisa mengganggu kinerja port. Tapi kalau nggak hati-hati dalam membersihkannya, dikhawatirkan bagian ini malah bisa rusak.

Maka dari itu, kamu perlu hati-hati saat ingin membersihkannya. Tapi nggak perlu khawatir, karena sekarang saya akan bagikan beberapa tips dan cara membersihkan port USB ponsel.

Perlengkapan yang Perlu Disiapkan

Ini dia beberapa perlengkapan yang perlu kamu siapkan untuk membersihkan port USB ponsel:

  • Penyemprot udara
  • Tusuk gigi kayu / plastik (pastikan ujungnya lancip)
  • Kapas
  • Alkohol isopropil (ini untuk kotoran di dalam port yang nggak bisa disemprot atau dicongkel pakai tusuk gigi)
  • Selotip dua sisi

Cara Membersihkan Port USB Ponsel

Nah kalau perlengkapannya udah lengkap, sekarang kita langsung coba cara membersihkan port USB ponsel.

  • Matikan ponsel kamu terlebih dulu untuk menghindari kerusakan atau konsleting.
  • Masukkan ujung tusuk gigi ke dalam port (terutama bagian yang terlihat kotor).
  • Congkel kotoran yang ada di dalam port perlahan.
  • Supaya hasilnya maksimal, basahi sedikit kapas dengan alkohol (jangan sampai terlalu basah, sampai lembab saja ya).
  • Kemudian usap bagian dalam port dengan menggunakan kapas yang lembab.
  • Kalau kamu kesulitan mengeluarkan sisa kotoran dari lubangnya, kamu bisa coba lilitkan selotip dua sisi dengan tusuk gigi. Lalu usap sedikit bagian selotip ke dalam port sehingga kotoran menempel ke selotip dan bisa keluar.

Kalau misalnya masih ada kotoran yang nggak bisa dihilangkan dan mengganggu performa ponselmu, bawa saja ponselmu ke tempat service resmi. Dengan begitu ponsel akan mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya.

Oya satu lagi, saat kamu membersihkan port, saran saya jangan pernah meniup port pakai mulut ya. Karena siapa tahu yang kamu tiup nggak cuma udara, tapi bercampur dengan air liur. Apalagi kalau posisinya ponsel masih hidup, dikhawatirkan hal tersebut justru bikin ponsel konslet.

Nah itu tadi beberapa tips dan cara membersihkan port di smartphone dengan aman. Gimana, mudah banget kan caranya? Kalau begitu selamat mencoba ya!

    %d blogger menyukai ini: