Cara Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis

buat daftar isi google docs

Kalau kamu belum tahu cara menyusun daftar isi di sebuah dokumen dengan benar, hal itu bisa jadi pekerjaan menyebalkan. Nah, kali ini saya akan membahas cara membuat daftar isi Google Docs secara otomatis.

Hal paling penting dalam menyusun sebuah makalah atau karya tulis adalah struktur dokumen tersebut. Karena hal ini tidak hanya berguna untuk membagi topik di dalam ketikan, tapi juga memberikan keuntungan teknis tersendiri.

Sebagian besar orang hanya menulis judul dan sub-judul dengan mengatur huruf menjadi lebih besar atau lebih tebal. Walau berfungsi secara visual, cara ini kurang tepat dan tidak memberikan keuntungan secara teknis.

Jadi sebelum melangkah pada pembuatan daftar isi secara otomatis, atur dulu struktur ketikanmu dengan memakai format judul yang benar.

Atur Format Judul dan Sub-judul

Cara mengatur format judul di Google Docs relatif sama dengan membuat judul di MS Word. Kamu bisa meletakkan kursor pada ketikan yang akan menjadi judul/sub-judul, lalu pilih format Judul yang ada di menu.

Harap perhatikan strukturnya. ‘Judul’ (Title) akan menjadi judul dokumenmu. ‘Judul 1’ (Heading 1) akan jadi sub-judul utama, ‘Judul 2’ (Heading 2) akan jadi sub-judul di bawah Judul 1, dan seterusnya.

Kalau kamu sudah mengatur semua format judul dan sub-judul di dokumenmu secara benar, Google Docs akan mengenalinya dan akan menunjukkan struktur dokumen tersebut. Struktur inilah yang akan menjadi daftar isi.

Sekarang, mari kita tampilkan daftar isi itu.

Membuat Daftar Isi Google Docs Otomatis

  1. Klik tombol ‘Sisipkan‘ (Insert) di Menu.
  2. Pilih ‘Daftar Isi‘ dari menu yang muncul.
  3. Pilih salah satu: Dengan nomor halaman atau tanpa nomor halaman.

Daftar isi akan segera muncul di dokumenmu. Seperti kamu lihat, susunannya sama dengan struktur dokumen. Cara ini juga tidak terlalu berbeda dengan membuat daftar isi di MS Word.

Asiknya lagi, kalau kamu menyusunnya dengan benar, Google Docs akan mengenali sub-judul yang ada. Kamu bisa klik salah satu sub-judul di daftar isi dan langsung menuju ke bagian tersebut.

Tapi kalau kamu ingin membuat akses cepat itu tersedia secara umum (misal ketika diakses online atau diubah jadi PDF), kamu bisa membuatnya menjadi link yang bisa diklik.

Membuat Link untuk Judul Daftar Isi

  1. Seleksi Judul/Sub-judul yang bersangkutan.
  2. Klik kanan.
  3. Pilih ‘Link‘ dari menu yang muncul.
  4. Pilih Judul/Sub-judul bersangkutan dari menu yang muncul.

Google Docs akan memberikan saran link (tautan) yang sesuai. Tapi kalau link yang ada tidak sesuai dengan judul di dokumen, kamu bisa klik ‘Heading dan Bookmark‘ dari menu yang muncul.

Memperbarui Daftar Isi

Bukan tidak mungkin kamu akan menambah bagian lain di dalam dokumen. Tidak masalah. Selama kamu masih mengikuti pola struktur dokumen yang ada, kamu bisa memperbarui Daftar Isi dengan mudah.

Tinggal klik ikon ‘Refresh‘ di sudut kiri atas Daftar Isi atau klik kanan pada Daftar Isi dan pilih ‘Perbarui daftar isi’ di menu yang muncul.

perbarui daftar isi google docs

Nah, itulah cara membuat daftar isi Google Docs secara otomatis dengan link akses cepat ke judul/sub-judul bersangkutan. Kini dokumenmu tidak hanya rapi, tapi juga mudah diakses karena interaktif.

Selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: