Membuat Polling di WhatsApp Dengan Mudah

polling di whatsapp

Membuat polling di WhatsApp memang belum bisa kita lakukan secara langsung. Aplikasi chatting ini masih belum mendukung fitur polling. Namun bukan berarti hal itu tidak mungkin. Ada cara yang bisa dipakai untuk mempermudah proses tersebut.

Sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer, cukup mengherankan kenapa WhatsApp belum memiliki fitur ini. Padahal aplikasi Facebook dan Instagram — yang terhitung satu atap — sudah memilikinya. Selan itu, aplikasi Slack yang tidak kalah populer juga sudah punya fitur ini.

Tentu, kita bisa memanfaatkan aplikasi atau layanan seperti Straw untuk membuat polling dan mengirim tautan polling itu ke WhatsApp. Permasalahannya, teman kita tidak bisa melihat pilihan yang ada secara langsung. Harus klik tautan, melihat di browser atau aplikasi, melihat pilihan, baru menentukan pilihan.

Nah, ada aplikasi sejenis itu yang bisa menampilkan pilihan langsung di percakapan WhatsApp. Bahkan bisa juga untuk aplikasi chatting lain. Nama aplikasi itu adalah PollTime.

Cara membuat polling di WhatsApp dengan PollTime
  1. Buka situs web PollTime.co,
  2. Isi kolom pertanyaan,
  3. Isi kolom pilihan (tambah pilihan bisa perlu),
  4. Isi kolom ‘customize’ bila perlu (waktu saya coba, bisa dipakai tanpa mengisinya),
  5. Tekan tombol ‘Make My Poll‘,
  6. Setelah halaman polling dibuat, tekan tombol ‘Copy Poll‘,
  7. Lekatkan hasil salinan tadi di percakapan WhatsApp.
membuat polling

Membuat Polling

Ada beberapa hal yang layak kamu perhatikan dalam menggunakan aplikasi ini. Pertama, sistem di balik layanan ini belum sempurna. Dalam arti, belum ada sistem akun (login). Kedua, tautan ke halaman hasil polling tidak disertakan di proses copy-paste.

Kedua hal itu membuat proses melihat hasil polling bisa agak sulit. Terutama kalau kamu terlanjur menutup halaman situs PollTime di browser. Supaya aman, bookmark halaman polling tersebut, atau simpan alamat halaman hasil polling itu (yang ada di tulisan ‘View Result Here‘).

membuat polling di whatsapp

Membuat polling di WhatsApp dan hasilnya

Dari proses itu, bisa kamu lihat kalau masing-masing pilihan langsung terlihat di percakapan beserta tautan masing-masing. Temanmu bisa langsung tekan/klik salah satu tautan untuk memilih. Tidak perlu repot membuka halaman web dulu.

Dengan begitu, membuat polling di WhatsApp jadi lebih terlihat dan lebih mudah. Yah, selama kamu menyimpan halaman hasil polling itu. Semoga saja, pengembang aplikasi ini membuat sistem layanan jadi lebih baik. Kalau kamu merasa layanan ini berguna, boleh juga memberi saran. Siapa tahu jadi lebih enak.

Ada komentar?