Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Membuat Split Screen Tab di Browser Vivaldi PC

Browsing like a boss

split screen tab browser
Anom Penulis

Apa kamu pernah terpikir membuka tab browser berdampingan? Kamu bisa melakukannya dengan mudah jika memakai browser yang tepat. Dengan browser Vivaldi, kamu bisa membuat tampilan split screen untuk beberapa tab yang kamu buka.

Tapi sebelum itu, apa perlunya memakai tampilan split screen? Yah, kamu bisa membaca di yang jendela satu dan menulis di jendela lain. Misalnya kamu menonton live streaming Apple Event, sambil berkomentar soal acara itu di Twitter.

popculture.id

Eh, tapi kan kita juga sudah bisa membuat split screen di Windows dan di macOS? Ya, bisa. Benar sekali. Ini memang sebuah alternatif saja. Siapa tahu kamu lebih suka dengan tampilan tab berdampingan di dalam browser.

Vivaldi sendiri memang merupakan browser yang powerful. Ada banyak yang menarik pada fitur Vivaldi. Salah satunya ada banyak pengaturan yang fleksibel. Termasuk split screen ini.

Nah, lalu bagaimana caranya?

Cara Membuat Split Screen Browser Vivaldi

  1. Buka beberapa tab browser berisi website yang ingin kamu gunakan.
  2. Tekan tombol Shift atau Ctrl (kalau Mac Command) dan klik tab browser yang mau kamu buat berdampingan.
  3. Klik kanan pada tab bersangkutan.
  4. Klik pada pilihan ‘Tile 2 tabs‘.

Nah, kamu sudah berhasil membuat split screen pada browser. Seperti kamu lihat dari langkahnya, cara ini bisa berlaku di Vivaldi untuk Windows atau macOS.

Bahkan jika mau, kamu juga bisa membuat tiga jendela tab browser berdampingan. Yah, siapa tahu kamu mau mengelola akun media sosialmu sekaligus dan malas pindah berganti tampilan.

Lalu bagaimana kalau mau mengembalikan tampilan tab seperti semula? Gampang. Pilih tab (dengan cara yang sama), lalu klik kanan, dan pilih ‘Untile selection’. Maka tab akan kembali terpisah dan hadir seperti normalnya.

Itulah sedikit tips dalam memakai browser Vivaldi. Kalau tidak salah, jika kita mau melakukan split screen di browser lain, kita harus memasang ekstensi tersendiri. Yah, selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: