Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

3 Tips dan Cara Membuat Suara Spotify Supaya Lebih Bagus

Indri Penulis

Mau punya pengalaman mendengarkan yang lebih bagus di Spotify? Coba cara ini untuk membuat suara Spotify agar terdengar lebih bagus.

Spotify kini telah menjadi salah satu aplikasi streaming musik terpopuler di dunia. Di aplikasi ini, kamu bisa temukan jutaan lagu dari artis atau grup terkenal.

Meski sudah dibekali fitur-fitur menarik dan canggih (contohnya yang terbaru adalah “What’s New), namun nggak sedikit pengguna Spotify mengeluh karena suara lagu yang mereka dengar kurang mantap (entah bass-nya kurang dalam, atau yang lainnya).

Nah kalau kamu merasa seperti itu, baca saja artikel ini sampai selesai. Karena saya akan memberi tahu kamu tentang cara membuat suara Spotify agar lebih bagus.

Normalisasikan Tingkat Volume

Kamu pernah nggak memutar lagu baru, yang suaranya tiba-tiba jadi lebih keras dibanding lagu sebelumnya? Kalau pernah mengalami kejadian seperti ini, kamu bisa pakai fitur “Normalize.” Fitur ini bakal menyesuaikan level volume agar normal.

Sumber : Make Use Of

Untuk memakai fitur ini, kamu bisa buka “Home > Settings > Normalize.” Setelah itu, kamu bisa klik menu  “Volume Level.” Di antara tiga pilihan yang ada (Loud, Normal dan Quiet), pilihlah opsi “Normal.”

Atur Equalizer

Mungkin beberapa dari kamu belum tahu kalau Spotify juga menyediakan fitur equalizer. Dengan fitur ini, kamu bisa menyesuaikan frekuensi, sehingga musik favoritmu akan terdengar lebih bagus.

Kalau kamu tanya gimana pengaturan equalizer yang bagus di Spotify, jawabannya beda-beda. Pengaturan equalizer bakal bervariasi tergantung perangkat, genre, dan jenis lagu yang kamu dengarkan.

Contohnya kalau kamu pakai speaker laptop standar, umumnya kamu disarankan untuk meningkatkan bass dan mengurangi mid. Nah kalau kamu pakai speaker di HP, biasanya rekomendasinya berbeda lagi.

Sumber : Make Use Of

Walau preferensi orang dalam mengatur equalizer berbeda-beda, saya bakal kasih gambaran umumnya. Untuk perangkat iOS, buka “Home > Settings > Audio Quality > Equalizer” dan aktifkan. Ketuk salah satu preset yang tersedia, atau kamu juga bisa menyeret titik yang ada.

Khusus buat pengguna Android, opsi untuk mengatur equalizer biasanya tergantung pabrikan smartphone-mu. Untuk mengetahui apakah ponselmu mendukung fitur ini atau tidak, kamu bisa klik “Home > Settings > Audio Quality.”

Sumber : Make Use Of

Kalau kamu menemukan tulisan “Equalizer,” ketuk menu tersebut. Kamu akan diarahkan ke panel kontrol equalizer. Nah sekarang kamu bisa memilih preset yang ada, atau kamu bisa menyeret titik-titik yang ada.

Aktifkan Akselerasi Perangkat Keras

Buatmu yang punya perangkat dengan speaker menggelegar, mungkin nggak ada salahnya untuk mengaktifkan akselerasi perangkat keras Spotify.

Lewat fitur ini, Spotify bakal memanfaatkan perangkat keras yang ada untuk membantu mengoptimalkan kinerja aplikasi. Akselerasi perangkat keras Spotify cuma berfungsi di desktop untuk Windows dan macOS.

Sumber : Make Use Of

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka “Settings > Show Advanced Settings.” Lalu di bawah “Compatibility,” aktifkan toggleEnable hardware acceleration.”

Tapi ada yang perlu kamu perhatikan. Saat kamu mengaktifkan fitur ini, mungkin suara musik yang keluar bakal lebih mantap. Namun di sisi lain, fitur ini kadang bisa menyebabkan masalah putaran seperti lagu yang nggak bisa diputar di Spotify.

    %d blogger menyukai ini: