Membuka Aplikasi Mac dari Pengembang Tak Dikenal

peringatan app from an unidentified developer

Tidak semua aplikasi didapat dari Mac App Store. Oleh karena itu, berikut ini cara membuka aplikasi Mac dari pengembang tidak dikenal atau “an unidentified developer“.

Ketika kamu memasang atau membuka aplikasi yang bukan dari App Store, kemungkinan besar kamu akan mendapat peringatan “App can’t be opened because it is from an unidentified developer” atau aplikasi tidak bisa dibuka karena dari pengembang tidak dikenal.

Hal ini bukan masalah. Karena memang bagian dari sistem keamanan OS X atau macOS. Apple hanya berusaha mencegah kamu memasang aplikasi berbahaya (walau tidak semua berbahaya). Kalau kamu mengenal nama sang pengembang atau ada rekomendasi baik soal aplikasi itu, tentu saja tidak akan ada masalah.

Ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal sehubungan dengan setelan keamanan ini.

[irp posts=”50919″ name=”CheatSheet: Melihat Shortcut Keyboard Mac”]

Mengatur Setelan Keamanan dan Privasi

  1. Buka System Preferences.
  2. Masuk ke Security & Privacy.
  3. Di tab General, kamu akan melihat pilihan ‘Allow apps downloaded from‘.
  4. Pilih ‘Mac App Store and identified developer‘.
setelan security & privacy mac
Setelan Security & Privacy macOS High Sierra

Pilihan tersebut tidak serta merta membuatmu bisa membuka aplikasi dari pengembang tidak dikenal. Tapi minimal tidak seketat kalau terbatas di aplikasi dari Mac App Store saja.

Dengan begitu, walau kamu tidak memasang aplikasi dari Mac App Store tapi nama developer sudah terkenal, kemungkinan blokir tidak terjadi.

[irp posts=”41479″ name=”6 Tips Finder Mac yang Layak Diketahui”]

Cara Membuka Aplikasi dari Pengembang Tidak Dikenal

Untuk bisa membuka aplikasi dari “an unidentified developer“, kamu perlu memangkas setelan keamanan tersebut. Pilihan untuk melakukan “bypass” tidak akan langsung terlihat. Nah, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Melalui Setelan Security & Privacy

Dalam beberapa kasus, ketika Mac memblok aplikasi dari pengembang tidak dikenal, akan muncul pemberitahuan dan pilihan di dalam setelan Security & Privacy. Namun ada kalanya hal ini tidak muncul. Tidak ada salahnya mengetahui soal hal ini.

Di bawah pilihan ‘Allow apps downloaded from‘ kamu bisa menekan tombol ‘Open Anyway‘ untuk membuka blokir tersebut. Jangan lupa, mungkin kamu juga diminta membuka gembok keamanan terlebih dulu untuk merubahnya.

membuka blokir aplikasi
Membuka blokir aplikasi di Security & Privacy

Melalui “Shortcut Menu”

  1. Buka Finder.
  2. Masuk ke Applications dan cari aplikasi yang baru kamu pasang.
    • Kalau aplikasi itu installer, cari di folder tempat kamu meletakkan hasil download.
    • Jangan gunakan Launchpad, karena pilihan shortcut menu (atau context menu ) tidak akan muncul.
  3. Tekan Control dan klik aplikasi tersebut (atau tap dua jari di trackpad).
  4. Shortcut menu akan terbuka, klik ‘Open‘ dari pilihan yang ada.
  5. Biasanya akan muncul pop-up menu konfirmasi pilihan. Kalau muncul, tekan ‘Open‘.
open app from an unidentified developer
Membuka aplikasi melalui shortcut menu atau context menu

Aplikasi tersebut kemudian akan masuk daftar pengecualian di setelan keamanan. Setelah melalui tindakan ini, kamu bisa membuka aplikasi tersebut seperti biasa.

Cara ini juga berlaku untuk aplikasi installer. Jadi kalau peringatan “App can’t be opened because it is from an unidentified developer” muncul ketika kamu mau install aplikasi, gunakan langkah di atas.

Itulah cara membuka aplikasi Mac dari pengembang yang tidak dikenal atau “an unidentified developer“. Semoga informasi ringan ini bisa membantumu mengenal cara bekerja Mac dengan lebih baik.

%d blogger menyukai ini: