Tutorial Membuka iPhone Lewat Apple Watch Saat Tidak Bisa Pakai Face ID

Apple hadirkan fitur yang memungkinkan pengguna membuka kunci iPhone lewat Apple Watch. Baca artikel ini untuk ketahui cara pakainya.

Lewat peluncuran iOS 14.5 dan watchOS 7.4 beberapa waktu lalu, Apple telah mengenalkan fitur baru yang cukup unik. Fitur ini bernama ‘Unlock with Apple Watch’ yang memungkinkan pengguna bermasker bisa membuka kunci iPhone mereka lewat Apple Watch.

Melalui fitur terbaru ini, pengguna iPhone tidak perlu membuka masker mereka untuk memakai kunci wajah. Pengguna juga tidak perlu mengutak-atik layar iPhone untuk mengetikkan PIN.

Cara Membuka iPhone Lewat Apple Watch

Apple baru-baru ini telah menerbitkan dokumen dukungan yang menguraikan cara kerja fitur Unlock with Apple Watch, serta persyaratan yang harus dipenuhi pengguna agar fitur itu berfungsi.

Perusahaan mengatakan bahwa proses membuka kunci melalui Apple Watch tidak menggunakan Face ID (untuk mengenali dan mengautentikasi pengguna iPhone).

Sumber Gambar : Apple Support

Untuk persyaratannya, kamu membutuhkan iPhone X atau yang lebih baru dengan iOS 14.5 (atau lebih baru), serta Apple Watch Series 3 atau yang lebih baru dengan watchOS 7.4 (atau lebih baru). Mereka berdua harus dipasangkan bersama.

Selain itu, baik WiFi atau Bluetooth juga harus diaktifkan bersamaan. Supaya komunikasi antara iPhone dan Apple Watch bisa lancar. Apple Watch harus memiliki kode sandi, dan fitur wrist detection (pendeteksi pergelangan tangan) harus diaktifkan.

Sumber Gambar : Apple Support

Kalau syarat di atas sudah terpenuhi, kamu bisa melakukan pengaturan fitur Unlock with Apple Watch di “Settings > Face ID & Pass Code.” Tapi ingat, fitur Unlock with Apple Watch harus dinyalakan dengan cepat agar berfungsi.

Supaya Apple Watch bisa mengotentikasi identitasmu, jam tangan harus berada di pergelangan tanganmu dan tidak terkunci. Kamu juga harus mengenakan masker menutupi mulut dan hidung. Mungkin cara ini dilakukan untuk memberi sinyal ke iPhone agar memakai metode buka kunci sekunder, bukan Face ID.

Untuk membuka kunci iPhone dengan Apple Watch, kamu perlu mengaktifkan iPhone dengan cara mengangkatnya atau mengetuk layar, lalu meliriknya. Setelah itu, kamu bisa swap layar ke atas untuk menggunakan iPhone seperti biasa.

Jika iPhone tidak sengaja terbuka, Apple Watch akan memberikan umpan haptic dan menampilkan peringatan. Kalau kamu tidak bermaksud membuka iPhone, ketuk tombol Lock iPhone di layar Apple Watch-mu.

Nantinya, saat kamu membuka iPhone setelah mengetuk tombol ini di lain waktu, iPhone bakal mewajibkan kamu untuk memasukkan passcode.

Fitur Unlock with Apple Watch ini sebenarnya juga memungkinkan orang lain (selain kamu) membuka kunci iPhone-mu lho. Apalagi saat mereka ada di dekatmu, memegang iPhone-mu dan juga sama-sama sedang memakai masker. Maka dari itu, kamu harus membuka iPhone dengan hati-hati ya.

Satu lagi, fitur Unlock with Apple Watch cuma berfungsi untuk membuka kunci iPhone. Fitur ini tidak bisa memverifikasi identitas yang dipakai dengan Apple Pay, password di Keychain, atau aplikasi yang dilindungi password.

Meski tidak seaman Face ID, tapi fitur Unlock with Apple Watch adalah pilihan cukup nyaman buat mereka yang lelah karena harus memasukkan passcode di iPhone (ketika memakai masker).

%d blogger menyukai ini: