Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Meme “Receh” yang Sukses Menjelma Jadi NFT Mahal

Indri Penulis

NFT mahal dalam bentuk karya seni digital sih udah biasa. Tapi gimana jadinya jika ada NFT meme yang jadi mahal? Hm, nyatanya ada lho!

NFT adalah aset digital yang tak bisa dibuat alat tukar, tapi bisa diperjual belikan. Biasanya, mayoritas NFT berbentuk karya seni digital (sifatnya collectible). Walau cuma karya seni digital, tapi mayoritas NFT termahal di dunia justru berasal dari jenis ini lho.

Yah, sebenarnya NFT tidak melulu berbentuk karya seni digital. Bahkan ada juga hal-hal ‘receh’ yang bisa dijadikan NFT dan ‘anehnya’ justru laku mahal, contohnya meme.

Ya, kamu nggak salah baca. Mungkin bagi kita meme cuma bisa dipakai buat bahan candaan atau kegiatan receh lainnya. Tapi di dunia NFT, meme bisa jadi aset yang bisa berharga mahal lho. Nggak percaya? Lihat aja deh di bawah.

Deretan Meme yang Jadi NFT Mahal

Nyan Cat – $590.000

Nyan Cat” dibuat oleh Chris Torres, menggambarkan seorang kucing abu-abu dengan tubuh Pop Tart yang terbang di luar angkasa sambil menyanyi. Meme ini viral pada tahun 2011.

Torres pun memutuskan buat menjual meme ini dalam bentuk NFT. Hasilnya sangat mengejutkan. Meme ini justru mampu terjual dengan harga fantastis yakni $590.000.

Nah, sejak saat itu, Torres memutuskan untuk membeli NFT dari kreator meme lainnya. Ia ingin agar kreator meme lebih semangat menjual kreasi mereka sebagai NFT.

Overly Attached Girlfriend – $459.260

Meme yang selanjutnya ini cukup lucu menurut saya. Jadi awalnya, meme ini berasal dari video buatan Liana Morris yang tengah menyanyikan lagu “Boyfriend” dari Justin Bieber.

Sumber : Decrypt

Hal yang akhirnya bikin dia jadi meme adalah ekspresi ‘menyeramkannya’ saat menyanyikan lagu itu. Kamu bisa lihat di video-nya, dari awal sampai akhir video mata Morris selalu melotot. Jadi kesannya, dia jadi cewek yang terlalu terobsesi dengan pacarnya. Hahaha.

Tapi saya yakin Morris sekarang tak akan melotot-melotot lagi. Dia justru bakal ketawa bahagia karena berhasil menghasilkan ratusan dollar dari meme mata melototnya itu.

Baca Juga:  Skin Orisinal Winamp Dilelang Sebagai NFT

Gimana, kamu mau coba bikin meme seperti itu juga?

Disaster Girl – $430.000

Hayo, kamu pasti sering lihat meme ini nyempil di dunia maya kan? Ya. Meme yang diambil pada tahun 2005 ini memang sangat populer, bahkan sampai sekarang.

Sumber : BBC

Memenya menampilkan gadis kecil Bernama Zoe Roth. Wajah mungilnya terlihat menyeringai di depan kamera, sementara di belakangnya ada petugas pemadam kebakaran yang tengah sibuk memadamkan api.

Karena ekspresinya benar-benar menakutkan (ala-ala psikopat kalau menurut saya, haha), meme Zeo Roth yang tengah menyeringai jadi viral dan ikonik. Sekarang 16 tahun setelah gambar itu diambil, meme “Disaster Girl” berhasil terjual sekitar $430.000.

Rare Pepe – $312.000

Kisah meme ini berawal di tahun 2018, ketika Peter Kell membeli meme NFT Bernama “Homer Pepe.” Ini adalah karya seni kripto hasil gabungan dari meme internet “Pepe the Frog” dan Homer Simpson “The Simpsons.”

Sumber : Data Driven Investor

Awalnya, Kell membeli “Homer Pepe” seharga $39.000. Tapi awal tahun 2021, ia menjual kembali NFT tersebut dengan nama “Rare Pepe” dan berhasil terjual dengan harga $312.000.

Grumpy Cat – $100.859

Kucing populer di dunia memang banyak, tapi mungkin salah satu yang paling membekas adalah Tardar Sauce. Ia adalah kucing yang selalu menampilkan wajah mirip orang marah.

Sumber : CoinDesk

Saking populernya kucing ini, ia sampai punya buku, film dan merchandise-nya sendiri lho. Sayangnya si kucing pemarah ini mati di tahun 2019. Tapi warisannya bakal tetap ada secara online dalam bentuk NFT meme.

Bad Luck Brian – $45.516

Satu lagi meme yang nggak kala viral dari “Disaster Girl.” Meme ini diambil dari foto buku tahunan Kyle Craven yang sengaja dibuat jelek dengan senyuman penuh kawat gigi dan rompi kotak-kotak.

Sumber : Foundation

Posenya yang seperti itu rupanya telah sukses menjadi meme viral. Menariknya lagi, Kyle Craven saat ini pasti sangat bahagia karena memenya berhasil terjual lebih dari $ 45.000.