Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah 5 NFT Termahal Sepanjang Masa. Ada yang Receh Banget!

Indri Penulis

Seiring naik daunnya non fungiable token alias NFT, kamu penasaran nggak sih.. Kira-kira apa saja NFT termahal yang pernah ada sepanjang sejarah?

Kepemilikan aset digital masa kini memang tengah menjadi tren di kalangan investor. Ditambah lagi seiring populernya mata uang kripto seperti Bitcoin, Ripple, Ethereum, Litecoin, dll. Bicara soal aset kripto, NFT adalah fenomena anyar yang menyedot banyak perhatian publik.

NFT sendiri merupakan aset digital yang nggak bisa diduplikasi, tak bisa dipakai buat alat tukar tapi dapat diperjualbelikan layaknya aset fisik.

NFT juga cocok dipakai buat melakukan pembelian aset digital yang sifatnya collectible, contohnya hasil karya seni digital. Yah, meski ada beberapa yang beda. Contohnya cuitan pertama founder Twitter, Jack Dorsey yang terjual $2,9 juta/Rp 4,1 miliar dalam bentuk NFT.

Rp 4,1 miliar cuma buat cuitan Twitter saja? Hm, mungkin menurutmu aneh. Tapi memang begitulah faktanya dalam dunia NFT. Dan.. Kali ini kami telah merangkum 5 NFT “termahal” yang pernah ada dalam sejarah. Dijamin setelah mengetahuinya, kamu bakal tambah melongo deh!

Jajaran NFT Termahal di Dunia

Beeple, “Everydays – The First 5000 Days” – $69 Juta

Inilah NFT dengan rekor ‘paling mahal’ sepanjang masa. Jadi NFT ini adalah buatan seniman bernama Beeple, yang diumumkan pada 16 Februari 2021 dan mulai dijual Maret 2021.

Sumber : artnet

Apa yang asyik dari NFT ini? Jadi dalam proses pembuatannya, Beeple membuat kolase gambar digital yang telah ia buat sejak 1 Mei 2007. Awalnya, harga awal yang ia patok adalah $100. Tapi uniknya harga tersebut langsung meroket jadi jutaan dollar, dan akhirnya kolase foto ini terjual seharga $69 juta.

Baca Juga:  Instagram Mulai Uji Coba Fitur Posting NFT di Amerika Serikat

Hal ini langsung membuat Beeple tak hanya jadi kreator seni NFT paling mahal sepanjang sejarah, namun juga seniman paling mahal ketiga setelah Jeff Koons dan David Hockney.

Beeple, “Crossroads” – $6,6 Juta

Lagi-lagi kita ketemu dengan Beeple. “Crossroads” adalah bagian dari penjualan NFT pertama Beeple di Nifty Gateway dan punya cerita yang lebih menarik. Jadi saat Beeple pertama kali membuatnya, NFT ini dirancang agar dapat berubah sesuai hasil pilpres AS di tahun 2020.

Sumber : artnet

Jadi saat Joe Biden menang, gambar NFT ini berubah dan menggambarkan si mantan Presiden Donald Trump yang terbaring di tanah dengan berbagai kalimat hinaan tertulis di tubuhnya (agak sadis sih).

Tapi kalau Trump yang menang, gambar Trump bakal dibikin berdiri memakai mahkota sambil kakinya menginjak api (sebagai simbol untuk merayakan masa jabatan keduanya di White House).

Awalnya di bulan Oktober 2020, karya seni digital ini dibanderol dengan harga $66,66. Tapi setelah hasil pilpres keluar dan Trump kalah, harga NFT ini melonjak tajam hingga menembus angka $6,6 juta.

Kevin Abosch, “Forever Rose” – $1 Juta

Mungkin dari sekian NFT yang ada di daftar ini, “Forever Rose” karya Kevin Abosch adalah yang paling asing. Meski masuk dalam jajaran NFT paling mahal, tapi keberadaan “Forever Rose” kurang terkenal.

Sumber : artnet

Hal ini karena “Forever Rose” dibikin tahun 2018 dan terjual pada Hari Valentine 2018 (waktu itu NFT belum sepopuler sekarang). Karya ini dibeli seharga $1 juta oleh sekelompok investor buat cryptocurrency dari Kevin Abosch.

Pak, “Metarift” – $904,413

Metarift” adalah karya seni digital bikinan Pak. Karya seni ini terjual pada bulan Maret 2021. Saat waktu pelelangannya, karya seni ini sempat menembus angka $888.888. Tapi di menit-menit akhir, harga jualnya mampu menembus $904,413.

Sumber : artnet

Yah, mungkin bagi kita orang biasa, tak ada yang spesial dari karya seni di atas (bahkan mungkin terkesan receh). Apalagi kalau dibandingkan karya Beeple yang “Crossroads,” sepertinya “Metarift” bikinan Pak tak mengisyaratkan apa pun. Tapi entah kalau bagi kalangan kolektor seni.

Baca Juga:  Skin Orisinal Winamp Dilelang Sebagai NFT

Steve Aoki dan Antoni Tudisco, “Hairy” – $888,888

DJ dan produser Steve Aoki juga pengin mencoba peruntungannya di dunia NFT. Ia bersama illustrator 3D asal Jerman, Antoni Tudisco kemudian merilis 11 koleksi seni digital yang disebut “Dreamcatcher” pada 9 Maret 2021.

Sumber : artnet

Menariknya, salah satu karyanya yang bernama “Hairy,” berhasil mencetak angka penjualan yang cukup fantastis yakni $888,888 (yah, jujur kalau dibanding “Metarift,” sepertinya “Hairy” sedikit lebih oke).