Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Samsung Mengumumkan Memori Internal 1TB Untuk Smartphone

memori samsung eUFS 1TB
Anom Penulis

Samsung mengumumkan memori internal 1TB untuk smartphone pertama di dunia. Sebuah bukti bahwa teknologi handphone mulai menyaingi PC.

Mungkin kita memang sudah bisa membayangkan hal ini terjadi. Bagaimanapun, Samsung Galaxy Note9 sudah memiliki penyimpanan sebesar 512GB. Itu pun masih ditambah dengan microSD sebesar 512GB.

popculture.id

Jadi kehadiran memori internal handphone sebesar 1TB cepat atau lambat pasti datang.

Samsung menyebutkan bahwa penyimpanan 1TB ini berupa embedded Universal Flash Storage (eUFS) 2.1. Yang menarik, memory ini memiliki ukuran yang sama dengan versi 512GB, yaitu 11,5mm x 13mm.

Samsung eUFS 1TB

Samsung memberikan gambaran soal kapasitas penyimpanan ini dibandingkan dengan kapasitas umum sekarang. Memory 1TB eUFS ini bisa menyimpan 260 buah video berdurasi 10 menit dengan kualitas 4K UHD (3840 x 1260). Sedangkan memory 64GB eUFS hanya bisa memuat 13 video dengan kualitas yang sama.

Selain itu Samsung juga menjelaskan kalau proses transfer data dari memori 1TB ini lebih cepat. Sampai 1000 MB/s! Kecepatan ini dua kali lipat dibandingkan proses transfer dari SSD SATA. Jadi, video FHD berukuran 5GB bisa ditransfer ke SSD NVMe dalam waktu 5 detik. Ini 10 kali lebih cepat dari microSD biasa.

Samsung menyebutkan bahwa mereka mulai memproduksi secara massal memori internal 1TB ini. Produksi tersebut sudah direncanakan sepanjang paruh tahun pertama 2019. Tentunya sebagai antisipasi kebutuhan media penyimpanan smartphone mendatang.

    %d blogger menyukai ini: