Samsung Galaxy Note 9 Datang Dengan Layar dan Baterai Lebih Besar

samsung galaxy note 9 features
Foto: Samsung

Samsung Galaxy Note 9 akhirnya resmi diumumkan di acara Samsung Galaxy Unpacked 2018. Smartphone baru ini hadir memaksimalkan semua potensinya. Layar lebih besar, baterai lebih besar, S Pen lebih canggih, dan Samsung DeX sekarang sudah tidak butuh docking lagi.

Sekilas Samsung Galaxy Note 9

Sebelum ini kita sudah melihat bocoran Galaxy Note 9. Jadi sebenarnya sudah tidak ada kejutan besar lagi. Seperti yang sudah muncul, secara keseluruhan handphone baru Samsung ini tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya, Galaxy Note 8.

samsung galaxy note 9 dan s pen

Samsung Galaxy Note 9 dan S Pen

Dari segi desain, perubahan yang terjadi adalah layar lebih besar (sekarang 6,4 inci) dan letak sensor sidik jari di bagian belakang yang berpindah ke tengah. Fiturnya pun tidak berubah. Masih tahan air, masih mendukung wireless charging, memiliki colokan audio 3,5 mm, dan dukungan untuk micro SD.

Dari segi perangkat internal, otak Galaxy Note 9 masih sama dengan Galaxy S9. Yaitu Snapdragon 845 atau Exynos 9810 (tergantung wilayah. Indonesia biasanya dapat Exynos). Lalu tersedia pilihan RAM 6GB atau 8GB. Sedangkan media penyimpanannya adalah 128GB atau 512GB. Yah, kalau kamu pilih yang terakhir, dan menambah kartu micro SD 512GB, kamu akan punya kapasitas penyimpanan 1TB! Benar-benar seperti sebuah komputer kecil. Oya, handphone ini juga punya Smart Performance Adjuster agar performa game tetap mulus dan tidak lag.

Yang menarik, Samsung memperkenalkan sistem pendingin baru di handphone ini. Alih-alih menggunakan liquid cooling biasa, Samsung memakai sistem water-carbon cooling system. Hm, dengan kapasitas baterai 4000mAh yang lebih besar dari Galaxy Note 8, Samsung tentunya menghindari kasus Galaxy Note 7 yang jadi kontroversi di tahun 2016.

Di Galaxy Note 9 ini, Samsung juga mengembangkan fitur untuk sisi hiburan. Selain dukungan Dolby Atmos untuk suara 3D, smartphone ini juga menggunakan speaker yang disetel oleh AKG, sebuah perusahaan yang terkenal di bidang audio.

kamera galaxy note 9

Fitur Flaw Detection Kamera Galaxy Note 9

Nah, seperti handphone mutakhir lain di masa kini, Samsung juga melengkapi kameranya dengan teknologi artificial intelligence (AI). Memang dari fitur fisik, kamera Galaxy Note 9 serupa dengan Galaxy S9+. Dual kamera, dua bukaan diafragma, dua optical image stabilization (OIS) dan mendukung super slo-mo.

Fitur AI di kamera Galaxy Note 9 ini hadir dalam bentuk Scene Optimizer dan Flaw Detection. Scene Optimizer akan mengenali obyek dan kondisi lingkungan, lalu akan mengoptimalkan sesuai salah satu dari 20 kategori yang ada. Sedangkan Flaw Detection akan mengenali kekurangan yang ada di gambar (mata berkedip, kabur karena gerakan, lensa kotor, dan cahaya dari belakang obyek), lalu menyarankan solusinya.

s pen

S Pen

Kemudian apalah arti Samsung Galaxy Note tanpa S Pen? Di versi terbaru ini, S Pen sudah lebih canggih. Sudah mendukung Bluetooth Low-Energy (BLE) untuk berinteraksi dengan Galaxy Note 9. Dengan kemampuan baru ini, kamu bisa mengambil selfie atau foto grup, mengganti slide gambar, mengontrol video, dll hanya dengan klik tombol S Pen. Jadi lebih multi fungsi.

Satu lagi fitur yang membuat handphone ini istimewa. Samsung DeX. Fitur ini memungkinkan kamu menggunakan smartphone ini dengan monitor eksternal dan memperlakukannya seperti komputer. Nah, kalau sebelumnya kamu harus menggunakan docking, sekarang sudah tidak lagi. Tinggal gunakan adapter HDMI, colokan ke monitor, dan gunakan. Bahkan kamu bisa menggunakan handphone ini layaknya trackpad.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9

OS Android 8.1 Oreo
Chipset
  • Exynos 9810
  • Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • Mali-G72 MP18
RAM 6GB / 8GB
Penyimpanan
  • 128GB / 512GB
  • microSD sampai 512GB
Layar
  • 6,4 inci AMOLED
  • QHD+ 2960×1440, rasio 18,5:9, ketajaman ~516ppi
  • Gorilla Glass 5
SIM Dual nano SIM card (Hybrid, satu SIM dan satu SIM atau micro SD)
Baterai
  • 4000 mAh
  • Fast charging & wireless charging
Kamera Belakang
  • Ganda: 12 MP ( f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS) + 12 MP (f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1µm, AF, OIS, 2x optical zoom), LED flash, auto-HDR, panorama
  • Video: 2160p@60fps, 1080p@240fps, 720p@960fps, HDR, dual-video rec
Kamera Depan
  • 8 MP, f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm, AF, Dual video call, auto-HDR
  • 1440p@30fps
Audio
  • Stereo speaker tuned by AKG
  • Dolby Atmos technology
Konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 5.0, GPS, USB 3.1 type-C, audio 3,5 mm
Sensor Iris scanner, fingerprint (di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
Warna Metallic copper, Lavender purple, Ocean blue, Midnight black
Fitur lain
  • S Pen stylus (warna mengikuti handphone, kecuali Ocean Blue mendapat S Pen kuning)
  • Samsung DeX
  • Bixby personal assistant
  • Sertifikasi IP68 tahan air dan debu
warna samsung galaxy note 9

Pilihan warna Samsung Galaxy Note 9

Samsung menyebutkan kalau Galaxy Note 9 akan mulai tersedia pada tanggal 24 Agustus 2018 di wilayah tertentu. Varian berdasar RAM dan kapasitas penyimpanan bisa berbeda di tiap negara. Varian dengan 8GB hanya hadir dengan kapasitas 512GB, sedangkan varian 6GB bisa punya pilihan 128GB atau 512GB. Selain itu, kelihatannya juga tergantung wilayah, ada pilihan dengan paket pre-order game Fortnite secara eksklusif atau headphone AKG.

Tentunya untuk ketersediaan dan harga Galaxy Note 9 di Indonesia, kita masih harus menunggu konfirmasi dari Samsung Indonesia. Kalau kamu ingin melihat lebih dekat, silakan kunjungi situs resmi Samsung.

Ada komentar?