Cara Memperbesar Layar di macOS Pakai Fitur Zoom

Kamu kesulitan melihat elemen di desktop Mac-mu? Kalau iya, kamu bisa coba cara memperbesar layar di macOS pakai fitur Zoom.

Semakin ke sini, macOS boleh dibilang sebagai OS pakat komplit dalam hal fitur aksebilitas. Ini karena macOS memungkinkanmu memanfaatkan fitur-fiturnya dengan semaksimal mungkin.

Dari sekian fitur yang tersedia, salah satu fitur yang paling penting adalah Zoom. Sesuai namanya, fitur ini bisa kamu pakai buat memperbesar tampilan layar Mac, dan sangat cocok buat pengguna yang punya masalah penglihatan.

Cara Memperbesar Layar macOS Pakai Zoom

Aktifkan Zoom

Sebenarnya Zoom tidak diaktifkan secara default oleh macOS. Jadi kamu harus mengaktifkannya secara manual terlebih dulu.

  • Klik logo Apple di Menu Bar.
  • Pilih “System Preferences.”
  • Klik “Accessbility.”
  • Di kolom sebelah kiri, klik “Zoom.”
  • Centang kotak di sebelah “Use keyboard shortcuts to zoom.”
  • Sebagai alternatif, kamu juga bisa klik “Use scroll gesture with modifier keys to zoom.”
Sumber : Apple Insider

Setelah diaktifkan, fitur tersebut bakal langsung tersedia. Untuk mematikannya, kamu cukup buka menu yang sama dan hapus centang di kotak yang relevan.

Cara Memakai Fitur Zoom

Sebenarnya cara di bawah ini tergantung kotak mana yang kamu centang (di tutorial mengaktifkan Zoom). Kalau kamu memilih mengaktifkan shortcut keyboard, ada 3 perintah yang bisa kamu pakai yakni:

  1. Tekan Control + Option + 8 untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Zoom.
  2. Tekan Control + Option + = untuk memperbesar tampilan.
  3. Tekan Control + Option + - untuk memperkecil zoom.

Sebaliknya kalau kamu mencetang opsi untuk menggunakan sroll gesture, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa tombol pengubah untuk menahan/mengaktifkan Zoom. Setelah itu kamu bisa mengubah zoom pakai roda gulir mouse/gerakan scroll vertikal satu jari pada trackpad.

%d blogger menyukai ini: