Tips Ampuh Buat Mempercepat Kinerja Google Assistant di Ponsel

Indri Penulis

Google Assistant-mu lemot alias nggak responsif? Mungkin kamu bisa coba beberapa tips jitu buat mempercepat kinerja Google Assistant di ponsel berikut ini.

Google Assistant adalah alat pintar yang bisa membantumu menyelesaikan banyak hal, seperti menambahkan catatan / daftar tugas atau bahkan mengontrol perangkat smart home. Kamu juga bisa memeriksa cuaca, membuka browser atau bahkan menyetel pengingat lewat Google Assistant.

Tapi kalau Google Assistant nggak responsif, jelas rasanya ‘mengganjal’ deh. Inginnya menggunakan Google Assistant supaya aktivitas bisa berjalan lebih cepat, tapi ujung-unjungnya malah buang-buang waktu karena Google Assistant nggak bisa ‘sat set sat set.’

Terus solusinya gimana tuh? Tenang. Saya akan kasih beberapa tips buat mempercepat kinerja Google Assistant di ponsel khusus buat kamu.

Restart Ponselmu

Pertama, coba restart ponselmu. Aktivitas ini akan menyelesaikan masalah penuhnya memori yang membuat Google Assistant merepon dengan lambat. Setelah kamu menghidupkan kembali ponsel, tunggu beberapa menit sebelum coba menggunakan Google Assistant lagi.

Pakai OS dan Aplikasi Google Versi Terbaru

Pastikan OS yang kamu pakai adalah versi terbaru ya. Kamu bisa memeriksanya dengan masuk ke bagian Pengaturan. Setelah itu lihat apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk diunduh dalam Pembaruan Perangkat Lunak atau Sistem atau tidak.

tips mempercepat google assistant

Kalau kamu sudah pakai OS versi terbaru, sekarang pastikan juga aplikasi Google yang kamu pakai juga versi terbaru. Caranya, kamu bisa buka Play Store. Setelah buka daftar aplikasi yang ada di dalamnya dan lihat apakah aplikasi Google perlu update atau nggak.

Hapus Perangkat yang Nggak Kamu Butuhkan

Google Assistant adalah asisten suara cerdas yang memberikan pengalaman interaktif di beberapa perangkat. Kamu bisa meningkatkan waktu respon dan memastikan fitur tersebut bekerja dengan lancar sepanjang waktu, dengan cara menghapus perangkat yang nggak kamu perlukan.

Untuk melakukannya, kamu bisa coba langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Google di ponselmu.
  • Ketuk ikon profil yang ada di sudut kanan atas.
  • Pilih “Settings” pada opsi menu yang ada.
  • Sekarang klik “Google Assistant.”
  • Di bawah “Popular Settings,” scroll ke bawah dan klik “Devices > Remove unused devices.”
  • Di sana kamu bisa temukan daftar perangkat yang nggak dipakai selama lebih dari seminggu, sebulan atau bahkan tiga bulan.
  • Sekarang pilih perangkat yang ingin kamu hapus dan ketuk kotak centang di sebelah kanan untuk mengonfirmasi perintah.
  • Klik “Remove” untuk memutuskan sambungan perangkat.

Keluar dari Akun Google-mu

Kalau kamu mengalami masalah dengan Google Assistant, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah keluar dari akun Google-mu, kemudian masuk lagi.

Kamu juga bisa menghapus semua data cache yang ada di dalam akun Google. Biasanya data-data inilah yang memperlambat / mengganggu pengalamanmu. Begini cara melakukannya:

  • Di perangkatmu, navigasikan ke “Setelan > Akun dan cadangan > Kelola akun.”
  • Selanjutnya klik akun Google yang mau kamu hapus.
  • Setelah muncul, ketuk “Hapus akun.”
  • Kembali ke halaman “Kelola akun,” scroll ke bawah daftar akun dan klik “Tambah akun.”
  • Selanjutnya pilih “Google” dan masuk kembali ke akun Google-mu.

Setelah selesai, periksa apakah Google Assistant sudah berfungsi dengan baik atau belum.

    %d blogger menyukai ini: