Tips Menambah Efek Parallax Movement di Gambar Diam

Efek parallax kerap digunakan dalam proses pembuatan film. Berikut ini cara menambahkan parallax movement pada gambar diam.

Parallax dalam film biasanya melibatkan panning atau zooming pada gambar diam. Proses tersebut untuk memberi efek gerak atau animasi seperti dalam video.

Kali ini saya akan berbagi tips untuk menambahkan animasi parallax ke dalam foto. Namun sebelum mengetahui caranya, lebih baik kalian tahu dulu alasan kenapa parallax dibutuhkan.

Menampilkan deretan gambar yang masih relatif dalam film memang bagus. Tapi tidak jarang hal ini terasa membosankan secara visual.

Sumber Gambar : Spon Graphics

Menambah beberapa animasi pada gambar dapat membuatnya video lebih menarik. Parallax juga dapat memperhalus perpindahan gambar dalam video.

Kalian juga bisa menggabungkan beberapa efek lain seperti sound dan smoke. Dengan begitu, kalian dapat membuat gambar diam terlihat unik.

Efek ini akan terlihat pas jika kalian membuat video dari gambar arsip lama. Biasanya gambar arsip lama memiliki kualitas buruk.

Jika memadukan parallax dengan efek lain, maka video arsip bisa terlihat bagus. Penonton juga tidak akan sadar jika gambar arsip itu berkualitas buruk.

Video di bawah ini adalah contoh penggunaan animasi parallax ke dalam gambar diam.

Tips Memilih Gambar untuk Efek Parallax

Kalian dapat menambah animasi parallax ke semua jenis gambar. Tapi dalam situasi tertentu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menggunakan efek parallax.

Sebaiknya gunakan gambar dengan latar belakang sederhana. Dengan begitu, kalian jadi lebih mudah memilih subjek utama.

Ketika memotong subjek utama, parallax berguna untuk memperhalus bagian tepi gambar. Dengan begitu gambar tidak terlalu tajam.

Menambahkan Animasi Parallax Menggunakan Template

Sumber Gambar : Photography Tutplus

Penggunakan template untuk menambah efek parallax memang perlu. Template dapat membuat video terlihat lebih canggih dan menarik.

Kali ini saya akan merekomendasikan template Photomotion X. Template ini tidak hanya menyediakan animasi parallax, namun ada pula animasi menarik lainnya.

Kalian bisa membuat gambar terlihat berkelas dengan template ini. Template ini menyediakan berbagai animasi seperti di sky, sea dan smoke.

Photomotion X juga memiliki berbagai fitur menarik yang dapat kalian coba. Fitur-fitur tersebut antara lain Mirage, Portrait, Glacier, dan lainnya.

Download

More Stories
4 Alasan Mengapa Gamers Tidak Begitu Menyukai Mobile Game