Mencoba Tampilan Home Screen Launcher Google Pixel 2

pakai home screen pixel 2 di moto z

Setelah mencoba tampilan Google Pixel di Moto Z, sekarang giliran saya mencoba tampilan launcher Pixel 2. Pastinya dengan kotak Google Search di bagian bawah yang jadi kekhasan handphone Google terbaru itu.

Paling tidak, ada dua hal yang khas dari tampilan launcher Pixel 2. Selain yang saya sebut di atas, hal lain yang khas adalah fitur yang disebut ‘At A Glance’ dibagian atas (menggantikan posisi Google Search).

‘At A Glance’ adalah widget yang menunjukkan hari dan tanggal, juga dua hal lain yaitu Event dari Google Calendar dan Weather. Selain itu sebenarnya masih ada dua info lain, yaitu lalu lintas dan penerbangan.

Di bawah ini adalah tampilan home screen Pixel 2 yang asli, seperti yang diumumkan di Google Event 2017.

tampilan home screen Pixel 2

[irp posts=”44964″ name=”Membuat Tampilan Google Pixel (Plus Search Pill) di Semua Handphone Android”]

Cara Mengubah Tampilan Handphone Android Jadi Pixel 2

Untuk mendapat tampilan home screen Pixel 2 cukup mudah. Layak saya sebut di sini kalau Action Launcher sudah mendukung tampilan Pixel 2. Tapi yang saya gunakan di sini adalah Pixel Launcher.

Pixel Launcher adalah tema handphone Android yang dibuat Google khusus untuk handphone Pixel. Lalu, bagaimana bisa digunakan di handphone Android biasa? Tentu saja dengan APK. ????

Nah, mari kita mulai.

  1. Download APK Pixel Launcher dari APKMirror.
  2. Install launcher tersebut.
  3. Pilih sebagai launcher utama di home screen.
  4. Kamu akan bisa melihat perubahannya. ????????

Sangat mudah bukan? Tunggu dulu, ada catatan yang harus kita bahas.

[irp posts=”42805″ name=”5 Aplikasi Tema Android (Launcher) Terbaik”]

Dari berbagai blog tekno lain, terdapat banyak perbedaan pengalaman. Misalnya warna ikon G di Google Search. Ada yang dengan warna Google dan ada yang hanya abu-abu. Saya mendapat tampilan abu-abu.

Kemudian, beberapa pengguna lain juga memiliki pengalaman berbeda dengan fitur ‘At A Glance’. Ada yang mendapat Event dari Google Calendar, ada yang mendapat info penerbangan, dll. Sayangnya, home screen saya hanya menampilkan hari dan tanggal saja.

Begitupun di Setting Launcher. Setelan yang muncul di tempat saya tidak banyak. Tidak sebanyak yang seharusnya muncul. Sekali lagi, pengalaman tiap orang bisa berbeda.

setelan launcher pixel 2 di moto z tanpa root

Oya, kalau kamu perhatikan, ada juga pilihan ‘Allow home screen rotation’. Pilihan ini membuat tampilan home screen mendukung posisi horizontal, saat handphone diputar menyamping.

Selain hal di atas, ada juga yang menyebutkan kalau sudah menggunakan Android 8 Oreo, ikon aplikasi Jam akan menunjukkan waktu sama seperti yang ada di notification bar. Yah, perilakunya sama seperti ikon Jam di iOS.

Lalu, kalau kamu ingin menampilkan Feed dari Google App, kamu harus memasang Pixel Launcher ini sebagai System App. Artinya harus melakukan root.

Anyway, saya masih tetap berpendapat sama. Secara estetis, saya lebih suka keunikan tampilan Pixel yang lama (dengan Google Search Pill).

tampilan home screen dan app drawer ala pixel 2

tampilan home screen horizontal pixel 2