Produk Baru dari Google Event: Pixel 2 sampai PixelBook

produk baru google 2017, termasuk Google Pixel 2 dan PixelBook

Google Event tahun ini berlangsung tanggal 4 Oktober 2017 di San Fransisco. Kali ini, Google merilis banyak produk baru. Mulai dari handphone Google Pixel 2, laptop PixelBook, speaker Google Home Mini dan Max, kamera hands-free Google Clips, Google Pixel Buds, dan Daydream View.

Tema besar yang membungkus semua produk Google yang disebut di atas adalah Artificial Intelligence (AI). Seperti kita ketahui, Google Assistant, teknologi AI milik Google, mulai diperkenalkan pada bulan Mei 2016. Teknologi tersebut hadir pertama kali di handphone Pixel dan Pixel XL, speaker Google Home, dan di aplikasi pesan Allo.

….by creating hardware with AI at the core, our products can improve over time.

~ Rick Osterloh, Senior Vice President Google Hardware

Secara keseluruhan, Google Event 2017 berjalan tanpa kehebohan (kalau dibanding—ahem—Apple). Tahun ini presentasi lebih menyenangkan daripada tahun lalu. Ada banyak humor yang membuat hadirin tertawa.

Melihat Google mengumumkan banyak produk cukup mengejutkan. Yah, sebenarnya tidak mengherankan sih. Terutama mengingat Google Assistant hadir di semua produk tersebut.

Yuk, kita lihat sedikit lebih dekat produk baru Google tahun ini.

Google Pixel 2

Inilah handphone terbaru Google yang dinanti banyak fans. Seperti pendahulunya, handphone ini jadir dalam dua varian: Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL.

Penampilan Pixel 2 mengikuti tren masa kini. Dengan bingkai minim dan layar melengkung. Bagian belakangnya—seperti pendahulunya—memiliki dua warna. Hadir dengan unibody dan sertifikasi IP67.

Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga hadir dengan teknologi terkini. Spesifikasinya meliputi: Prosesor Snapdragon 835, RAM 4GB, memori 64GB dan 128GB, dan layar CorningÂŽ GorillaÂŽ Glass 5. Pixel 2 punya layar 5 inci AMOLED 16:9 FHD 1920 x 1080, dan Pixel 2 XL punya layar 6 inci pOLED 18:9 QHD+ 2880 x 1440. Tanpa colokan audio 3,5mm.

Yang menarik, handphone ini tidak memiliki lensa ganda di kameranya. Di belakang, ada kamera 12,2MP (f/1.8, 1.4Οm) dengan fitur autofocus (laser + dual pixel phase detection), OIS, dan EIS. Di depan, ada kamera 8MP (f/2.4, 1.4Οm) fixed focus.

Google menyebutkan kalau handphone ini mendapat skor tertinggi dari DxOMark (mengalahkan iPhone 8 dan Samsung Galaxy Note 8). Pengguna Pixel 2 juga akan merasakan teknologi Google Lens dan Augmented Reality.

Yang tidak kalah menarik, Google menambahkan fitur Active Edge di kedua handphone ini. Active Edge akan mengaktifkan Google Assistant saat kamu menggenggam erat bodi handphone.

Sekilas, Google Pixel 2 bukanlah handphone paling cantik. Tapi tetap bisa jadi pilihan menarik. terutama kalau kamu pengguna layanan Google.

Google PixelBook

Laptop ini adalah Chromebook terbaru dari Google. Hadir dengan Chrome OS, Google Assistant, dan berbagai aplikasi dari Google Play. Laptop ini memiliki empat mode penggunaan: Laptop biasa, mode tenda, mode tontonan, dan mode tablet.

Pixelbook memiliki layar 12,3 inci Quad-HD LCD 2400 x 1600 (235 ppi) dengan dukungan touch screen dan pena digital (Pixelbook Pen). Spesifikasi lain meliputi: Prosesor Intel® Core™ i5 atau i7 generasi ke-7, RAM 8 / 16 GB,  SSD 128GB / 256GB / 512GB, dual speaker dan 4 buah mic, juga aluminium unibody.

Mengingat ada begitu banyak pilihan lain laptop di luar sana, saya tidak punya banyak komentar soal laptop Google ini.

Google Home Mini

Seperti namanya, speaker cerdas ini merupakan versi kecil dari Google Home. Besarnya hanya setinggi 4,2 cm, dan diameternya sepanjang 9,8 cm. Beratnya juga hanya 173 gr.

Speaker ini memanfaatkan sentuhan sebagai gestur kontrol. Tepuk bagian atas untuk Play/Pause, tekan lama untuk berbicara dengan Google Assistant (atau—tentu saja—dengan memanggil Hey Google), dan tepuk bagian kiri atau kanan untuk volume.

Pada dasarnya, Google Home Mini—seperti disebut di atas—memang “hanya” versi kecil dari Google Home. Lebih ringkas untuk kelengkapan rumah lebih cerdas.

Google Home Max

Speaker cerdas ini merupakan kebalikan dari Mini. Google Home Max dibuat untuk output suara berkualitas tinggi. Speaker ini punya dua woofer berukuran 4,5 inci. Google menyebutkan kekuatan suaranya 20 kali lebih dahsyat dari Google Home original.

Google Home Max juga dilengkapi dengan Smart Sound. Teknologi suara yang bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kalau kamu memindah speaker ini, ia akan menyesuaikan kondisi suara sesuai tempat barunya.

Selebihnya, ya seperti Google Home.

Google Pixel Buds

google pixel buds dan pixel 2 xl

Google Pixel Buds adalah sebuah earphone nirkabel, dengan kata lain, menggunakan koneksi Bluetooth. Di samping sebagai earphone biasa yang mendukung kamu mendengarkan musik dan hal lain, Pixel Buds juga mendukung Google Assistant.

Yang menarik—saat dipasangkan dengan handphone Pixel—earphone ini juga mendukung Google Translate secara real-time! Ketika temanmu bicara, handphone Pixel akan mengulang ucapannya, dan kamu bisa mendengar terjemahannya di Pixel Buds.

Di samping itu, desain Pixel Buds yang dilengkapi dengan tali—jadi bisa dikalungkan kalau dilepas—merupakan solusi cerdas. Jadi, tidak perlu takut tercecer (halo, Apple).

Google Clips

Google Clips adalah salah satu produk menarik dari Google Event kali ini. Produk ini merupakan sebuah clip-on, tapi alih-alih suara, alat ini adalah sebuah kamera.

Bentuknya kecil. Sebuah bujur sangkar dengan panjang 4,9 cm dan tebal 2 cm. Beratnya juga hanya 60,5 gr (total kamera dan klip).

Google Clips bisa dioperasikan baik dengan tombol di bodinya, melalui aplikasi di handphone, atau—tentu saja—secara otomatis dengan teknologi pengenalan wajah (juga berfungsi untuk hewan peliharaan ????).

Kamera kecil ini tidak membutuhkan koneksi internet. Semua foto dan video langsung dikirim ke handphone. Baru dari handphone, foto dan video tersebut diunggah ke Google Photo.

Google Daydream View

Perangkat ini merupakan kacamata VR terbaru dari Google. Google Daydream View bisa digunakan dengan handphone Google Pixel 2 atau handphone lain yang mendukung Daydream. Kacamata VR ini memiliki lensa performa tinggi yang baru. Dengan begitu, kamu bisa menikmati penampilan virtual reality lebih tajam dan lebih luas.

%d blogger menyukai ini: