Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Menelisik Sejarah Berdirinya Youtube

hi, guys!

Hingga kini, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak pengguna Youtube. Lucunya, sebagian besar pengguna Youtube belum mengetahui sejarah berdirinya situs ini.

Youtube merupakan adalah sebuah situs video paling populer di dunia. Karena kepopulerannya, maka tidak heran jika hampir seluruh lapisan masyarakat mengetahui situs tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Youtube merupakan situs web yang berisi banyak video. Bisa dikatakan jika Youtube merupakan tempat khusus video.

Berdirinya YouTube

Youtube didirikan pada tanggal 14 Februari 2005. Pada mulanya Youtube dibangun oleh tiga orang mantan pegawai PayPal yaitu Steve Chen, Chad Hurley serta Jawed Karim.

Steve dan Karim sebelumnya menekuni studi dalam bidang sains komputer, di University of Illinois. Sedangkan Chand Hurley mendalami studi bidang desain di Indiana University of Pennsylvania.

Sumber Gambar : Money

Tempat pertama yang digunakan ketiga pria ini dalam bekerja sama adalah di atas Pizzeria, serta restoran Jepang yang ada di daerah California.

Setelah berhasil diluncurkan, Youtube mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan ada banyak investor besar seperti Sequoia Capital, yang tidak ragu berinvestasi pada Youtube.

Tidak hanya itu, ada pula seorang mantan CEO Paypal yang ikut bergabung ke Youtube. Orang tersebut tidak lain adalah Reolof Botha. Reolof juga merupakan partner dari Sequoia di PayPal.

Selama ini, mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya. Video seperti apa yang pertama diunggah ke Youtube?

Video pertama yang diunggah ke Youtube berjudul ‘Me At The Zoo.’ Video ini diunggah oleh salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim. Dan video tersebut menceritakan dirinya yang tengah berada di kebun binatang San Diego.

Youtube mulai memasuki jenjang baru di awal tahun 2006. Dimana di tahun tersebut, Youtube sudah berhasil naik menuju 5 website paling populer di dunia.

Hal tersebut tidak lepas dari statistik pengunggahan video, yang waktu itu telah mencapai 65.000 setiap hari. Tidak hanya itu, Youtube juga mampu menjaring 20 juta pengunjung setiap bulan.

Kemudian di tahun yang sama, Youtube mulai mengubah jalur perkembangan dengan partnership di bidang periklanan dan marketing bersama NBC.

Awalnya Youtube merupakan situs web independen, yang hanya dipegang oleh ketiga pendirinya. Namun pada tahun 2006, situs tersebut secara resmi dibeli oleh Google.

Tidak tanggung-tanggung, Google berani membeli Youtube seharga 1,65 milyar US Dollar. Dan dengan kejadian tersebut, maka Youtube kembali mencetak sejarah baru dalam perkembangannya.

Youtube Terus Berkembang Pesat

Selama ini Youtube selalu memberi kebebasan bagi pengguna, untuk mengunggah berbagai video yang mereka miliki. Video yang dapat diunggah ke Youtube beragam seperti dokumentasi, video klip, musik, dan lain sebagainya.

Youtube tidak hanya digunakan oleh masyarakat menengah ke bawah. Namun situs ini digunakan pula oleh berbagai media besar seperti VEVO, BBC, HULU, serta organisasi lainnya.

Semua pencapaian yang diraih Youtube, tidak lantas membuat Youtube merasa puas. Hal ini dibuktikan pada tahun 2007, dimana Youtube memberikan Youtube Awards. Youtube Awards adalah penghargaan untuk video terbaik yang dipilih berdasarkan voting pengguna.

Masih di tahun yang sama, Youtube bekerja sama dengan CNN untuk dapat menayangkan debat presiden di Amerika. Debat tersebut dilangsungkan pada tanggal 23 Juli dan 28 November 2007.

Youtube tidak pernah berhenti dalam berkembang dan melebarkan sayap. Hal ini dapat dilihat pada bulan Maret 2010. Di mana Youtube dapat melakukan streaming untuk beberapa konten eksklusif. Namun konten tersebut hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Amerika saja.

Kemudian pada tahun 2012, Youtube mengalami perubahan cukup signifikan. Di tahun tersebut, Youtube merilis desain baru yang dibuat lebih sederhana dan menarik.

Tidak hanya itu, di tahun yang sama Youtube sudah berhasil menyajikan 4 triliun video setiap hari. Sungguh hal tersebut merupakan pergerakan yang sangat cepat.

Sampai saat ini, Youtube selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan karena tren vlog saat ini, menjadikan banyak vlogger muda yang semakin aktif di Youtube. Tidak hanya itu, Youtube juga bisa menjadi ladang uang dan ajang unjuk kreativitas.

More Stories
aplikasi gmail baru
Cara Mengirim Email Lebih Aman dari Aplikasi Gmail