Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Menerjemahkan Tulisan Dalam Gambar atau Foto

menerjemahkan tulisan dalam gambar
Anom Penulis

Kamu ingin menerjemahkan tulisan dalam gambar atau foto? Bisa saja. Teknologi jaman sekarang sudah memungkinkannya.

Teknologi itu disebut dengan nama OCR atau lengkapnya Optical Character Recognition (ada juga yang menggunakan istilah Reader). Teknologi ini akan memindai gambar, mengenali karakter tulisan, merangkainya (sebagai dokumen), dan menerjemahkannya.

popculture.id

Teknologi ini sudah cukup lama dikembangkan. Namun akhir-akhir ini, seiring hadirnya artificial intelligence (AI), teknologi ini berkembang pesat. Yah, kamu bisa menggunakannya baik di smartphone maupun dengan komputer.

Nah, anggaplah kamu mendapat kiriman sebuah gambar atau foto brosur berbahasa asing. Kalau menerjemahkan bahasa Inggris masih mudah. Bagaimana kalau dengan huruf Mandarin? Bagaimana kamu bisa mengerti isinya?

Di Ponsel

Di smartphone, caranya sangat mudah. Cara paling mudah mungkin memanfaatkan fitur AI di ponselmu. Entah itu Google Assistant, Bixby, Siri (iPhone), atau lainnya.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi penerjemah. Aplikasi yang paling populer tentu saja adalah Google Translate (tersedia untuk Android dan iOS). Alternatifnya, kamu bisa menggunakan Microsoft Translator (Android dan iOS).

Buka aplikasinya, pilih foto/gambar sebagai sumber, dan masukkan gambar yang ingin kamu terjemahkan. Aplikasi akan menerjemahkan tulisan yang ada di dalam foto untukmu.

Yah, tergantung aplikasinya. Google Translate, misalnya, memiliki fungsi memilih bagian yang mau diterjemahkan, atau menerjemahkan semua teks yang dikenali.

Di Komputer

Yah, kalau kamu menerima gambar berbahasa asing di komputer, kamu bisa juga melihat dengan aplikasi handphone di atas (dengan kamera). Tapi tentu kurang nyaman kan?

Nah, kalau kamu pengguna Windows, kamu bisa pasang aplikasi Microsoft Translator (Windows). Apa ada alternatif lain? Hm, ada cara yang sedikit repot — dengan trik — dan ada cara yang mudah.

Cara yang sedikit repot menggunakan Google Drive dan Google Docs. Cukup aneh ya?

Menerjemahkan tulisan dalam gambar dengan Google Docs

  1. Buka Google Drive di browser dan masuk.
  2. Unggah gambar bersangkutan ke sana.
  3. Klik kanan gambar bersangkutan, dan pilih ‘Open with‘ > Google Docs. Gambar akan diubah jadi dokumen di Google Docs.
  4. Klik tombol ‘Tools‘ di Menu dan pilih ‘Translate Document‘.
  5. Pilih tujuan terjemahan bahasa (kamu juga bisa memberi judul baru) dan klik ‘Translate‘..
  6. Kamu bisa melihat tulisan dalam gambar diterjemahkan.

Menggunakan Yandex

Cara yang lebih mudah untuk menerjemahkan tulisan di gambar jika menggunakan komputer adalah dengan memanfaatkan terjemahan dari Yandex.

Fitur dari Yandex ini seperti Microsoft Translator atau Google Translate. Yandex sendiri merupakan mesin pencari dari Rusia.

Yang perlu kamu lakukan tinggal membuka halaman Yandex (ocr) di browser dan mengunggah gambar yang ingin kamu terjemahkan. Sisanya, tinggal pilihan bahasa. Untungnya ada terjemahan ke Bahasa Indonesia.


Itulah beberapa cara menerjemahkan tulisan yang ada di gambar atau foto. Saya pikir menggunakan aplikasi adalah cara termudah. Terserah kamu, aplikasi apa yang kamu suka.

Di sisi lain, menerjemahkan melalui trik Google Drive dan Google Docs juga menarik. Karena kamu punya dokumen hasil terjemahannya. Nah, selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: