Google Tambah Fitur Journey di Chrome untuk Meneruskan Pencarian

Lebih praktis buat kamu yang suka jadi detektif online

Anom Penulis

Google menambahkan bebrapa fitur baru pada browser andalannya baik di versi desktop maupun Android. Salah satu fitur baru Google Chrome adalah Journey, supaya kamu bisa meneruskan pencarian yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

Inilah beberapa fitur baru yang Google umumkan melalui blog resmi.

Journey

Mungkin suatu hari kamu pernah mencari sebuah topik tertentu dengan Google. Beberapa waktu kemudian, kamu ingin meneruskan pencarian Google itu, namun lupa sampai di mana kamu melakukannya sebelum ini.

Fitur ini berusaha menjawab masalah ini. Fitur Journey di Google Chrome memungkinkan kamu meneruskan pencarian yang kamu lakukan sebelumnya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengetik kata pencarian itu lagi di kotak pencari dan klik ‘Resume on your search.’ Selain itu kamu juga bisa menemukan pencarian yang pernah kamu lakukan di halaman Riwayat Journey Chrome.

halaman journey google chrome

Walau data pencarian ini direkam oleh Chrome, Google menyatakan kalau kamu bisa mengontrolnya. Kamu bisa menghapus masing-masing pencarian atau mematikan fitur ini sepenuhnya. Fitur Journey juga terikat pada perangkat, bukan pada akun Google.

Saat ini, fitur Journey baru hadir di aplikasi Google Chrome desktop dengan bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, Belanda, Portugis, dan Turki.

Perintah dengan Ketikan

Kalau kamu ingin melakukan sebuah tindakan dengan mengetik dan meminimalis penggunaan mouse, Google juga menambahkan fitur perintah dengan ketikan.

Kamu bisa melakukan tindakan dengan mengetiknya. Chrome juga bisa memberikan saran ketika kamu mengetik suatu perintah. Beberapa contoh perintah itu adalah:

  • “Manage settings”
  • “Customize Chrome”
  • “View your Chrome history”
  • “Manage accessibility settings”
  • “Share this tab”
  • “Play Chrome Dino game”

Saat ini nampaknya perintah baru tersedia dalam bahasa Inggris. Google menyebutkan kalau akan menambah perintah dalam bahasa lain nantinya.

Widget Pencarian Android

Google juga membuat widget Chrome baru untuk Android. Kamu bisa melakukan pencarian dengan teks, Google Lens, atau suara langsung dari halaman utama ponselmu. Selain itu kamu juga bisa membuka mode Incognito dan bahkan main game Chrome dino.


Nah, kalau kamu memang pengguna browser Google Chrome, silakan cek fitur baru tersebut di atas. Menurut kami, fitur yang asik tentu saja Journey, yang memudahkan meneruskan pencarian di Chrome.

    %d blogger menyukai ini: