Cara Mengambil Gambar Thumbnail Video YouTube Tanpa Aplikasi

Mungkin kamu pernah bertanya bagaimana cara mengambil gambar thumbnail video YouTube? Di sini kamu bisa temukan salah satu cara, tanpa memakai aplikasi apapun.

Gambar thumbnail merupakan gambar yang menjadi sampul di video. Biasanya gambar-gambar inilah yang kamu lihat ketika menelusuri YouTube.

gambar thumbnail video youtube

Nah, bagi kreator konten, ada kalanya thumbnail dari video YouTube diperlukan. Misalnya saat membuat konten dan membahas atau memberi referensi pada video yang bersangkutan.

Tentu kamu bisa membuat screenshot di PC. Tapi mungkin kamu akan mendapat gambar berukuran kecil atau ada gangguan dari elemen lain (misal tombol play).

Ada satu cara paling mendasar yang bisa kamu lakukan untuk mengambil gambar thumbnail tersebut. Yaitu menggunakan identitas video bersangkutan dan alamat url.

Cara Mengambil Gambar Thumbnail Video YouTube

Seperti kita ketahui, setiap video YouTube memiliki kode identitas (video ID) masing-masing. Kode identitas itu bisa kamu lihat di alamat URL video bersangkutan. Misalnya untuk alamat “youtube.com/watch?v=lbG1OOjll9G”, kode identitasnya adalah lbG1OOjll9G.

identitas alamat video youtube

Nah, kemudian, yang perlu kamu lakukan adalah buka tab baru dan ketik (atau copas) alamat url di bawah ini.

img.youtube.com/vi/[VideoID]/maxresdefault.jpg

Kemudian, copy kode identitas dari alamat video dan paste di alamat url, menggantikan “Video ID.” Dengan contoh alamat video YouTube di atas, hasilnya adalah seperti: img.youtube.com/vi/lbG1OOjll9G/maxresdefault.jpg.

Alamat itu akan membuka gambar thumbnail video YouTube bersangkutan. Kamu tinggal mengunduh/menyimpannya.

Menariknya, kamu juga bisa memilih gambar dengan ukuran yang berbeda. Caranya adalah mengganti nama file “maxresdefault” dengan salah satu angka dari 0 – 4. Misalnya untuk ukuran paling kecil, kamu bisa pakai alamat url: img.youtube.com/vi/lbG1OOjll9G/0.jpg.

Harap perhatikan. Gambar dari masing-masing ukuran itu bisa berbeda tergantung dari gambar yang diunggah ketika channel bersangkutan upload video ke YouTube dan mengisi kelengkapannya.

Itulah salah satu cara mengambil gambar thumbnail video YouTube. Cara ini bisa jadi pilihan kalau kamu malas pakai aplikasi atau melakukan cara lainnya.

%d blogger menyukai ini: