Berbagai Cara Membuat Screenshot Saat Main Game di Windows

ilustrasi tangkapan layar gaming di windows 10

Membuat tangkapan dan merekam layar waktu kamu main game adalah cara untuk menunjukkan aksi keren, kejadian lucu, atau sekedar pamer kebolehan. Nah, kali ini kami akan membahas berbagai cara membuat tangkapan layar (capture / screenshot) waktu main game di laptop Windows.

Kamu mungkin berkata: “Apa susahnya sih bikin screenshot?” Hm, nggak salah juga. Memang cukup mudah. Tapi toh ada beberapa aplikasi atau tools yang bisa membuat tangkapan layar-mu lebih keren.

Yuk, kita lihat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bikin tangkapan layar alias screenshot ketika main game di komputer Windows.


1. Windows Print Screen

Cara paling sederhana tentu saja membuat print screen dengan menekan tombol Windows + Prt SC. Tindakan ini akan membuat tangkapan layar apa adanya.


2. Windows Snip

Cara membuat screenshot ini jelas yang paling mudah karena merupakan bawaan Windows 10. Tapi ada sedikit catatan. Mungkin cara melakukannya bisa berbeda tergantung laptop yang kamu pakai.

Pada dasarnya, cara memakai Windows Snip adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S. Tapi beberapa laptop tertentu bisa punya cara lain. Misalnya di ASUS ZenBook Pro Duo ada tombol khusus untuk snipping, yaitu di tombol F11. Tergantung setelan tombol fungsi (function / Fn) di laptop, dalam hal ini saya bisa menekan tombol itu langsung atau dengan kombo Fn + F11.

Windows Snip akan memberikan beberapa pilihan screenshot, yaitu: Persegi, Bebas, Berdasar Jendela Aplikasi, atau Seluruh layar. Hasil tangkapan layar akan muncul di pusat notifikasi. Kamu bisa klik dan menyimpannya.

melihat dan menyimpan snip

3. Xbox Game Bar

Xbox Game Bar adalah alat untuk membantu aktivitas gaming-mu di Windows 10. Kamu bisa memantau performa komputer, mengatur audio, berhubungan dengan teman, termasuk membuat tangkapan dan merekam layar.

Untuk memunculkan Xbok Game Bar, kamu bisa menekan tombol Windows + G. Tapi karena kita membahas screenshot, untuk membuat tangkapan layar waktu main game dengan Xbox Game Bar, kamu tinggal memencet kombo Windows + Alt + Prt Sc.

membuat screenshot dengan xbox game bar
tampilan Xbox Game Bar

Gambar hasil tangkapan itu bisa kamu temukan di folder This PC > Video > Capture. Ya, baik gambar maupun video Xbox Game Bar masuk di folder itu.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Xbox Game Bar di Bursa Microsoft.


4. NVIDIA Ansel

NVIDIA Ansel adalah sebuah Photo Mode yang jadi bagian dari GeForce Experience untuk menangkap layar permainan dan mengolahnya dengan berbagai fitur seru.

Pada game tertentu, kamu bisa membuat screenshot dengan tampilan Super Resolution, foto 360°, HDR, dan Stereo Photograph. Kamu juga bisa mengatur tangkapan layar dengan sudut pandang tertentu dan menambahkan filter.

membuat screenshot game dengan nvidia ansel
Tampilan Photo Mode NVIDIA Ansel

Sebagai contoh, untuk game The Witcher 3: Wild Hunt, saya bisa membuat foto 360° atau Super Resolution. Tapi untuk game Warframe, saya cuma bisa membuat Super Resolution.

Foto 360° dari game cukup keren kalau kamu unggah ke Facebook. Misalnya seperti screenshot The Witcher 3 ini.

Cara memunculkan tools dari GeForce Experience adalah dengan menekan tombol Alt + Z. Tapi kalau kamu ingin langsung melompat ke Photo Mode, kamu bisa menekan tombol Alt + F2 pada tampilan layar game (tidak bisa di tampilan jendela aplikasi biasa). Hasil gambar bisa kamu temukan di folder This PC > Video > [nama game].

Kamu bisa mengunduh NVIDIA Ansel di situs resmi NVIDIA. Untuk melihat game apa saja yang mendukung GeForce Experience dan NVIDIA Ansel, kamu juga bisa melihatnya di halaman dukungan NVIDIA.


5. Radeon Software (Radeon ReLive)

Radeon Software adalah kelengkapan peralatan yang mendukung semua aktivitas main game. Mulai dari game launcher, mengoptimalkan performa, sampai urusan media. Kamu bisa membuat tangkapan layar game dan merekam video dengan fitur Radeon ReLive.

tampilan AMD Radeon Software

Secara bawaan, kamu bisa menekan tombol Ctrl + Shift + E untuk membuat screenshot. Lalu kamu juga bisa menekan kombo Ctrl + Shift + J untuk fitur Instant GIF. Kamu bisa menemukan hasilnya di folder video pada komputermu.

Kamu bisa melihat detil dan mengunduh aplikasi Radeon Software ini di situs resmi AMD. Lalu kamu bisa mempelajarinya lebih jauh di halaman bantuan AMD.

6. Fitur Screenshot Steam

Kalau kamu main game melalui Steam, ada juga cara mudah untuk membuat screenshot game. Kamu tinggal menekan tombol F12 untuk melakukannya. Nanti kamu akan melihat notifikasi di pojok kanan bawah.

notifikasi screenshot Steam

Untuk mengenal lebih jauh, kamu bisa membaca artikel mengenai screenshot aplikasi Steam untuk mengetahui letak folder di komputermu.

%d blogger menyukai ini: