Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mengapa harus Menggunakan Jaringan Seamless? Ini Dia Alasannya!

Dunia digital yang semakin canggih, membuat semua hal yang berhubungan dengan teknologi semakin mengalami pembaruan.

Dan pada kesempatakan kali ini, kita akan membahas tentang jaringan. Mungkin ada dari kalian yang sudah pernah mendengar tentang istilah jaringan ‘seamless’.

popculture.id

Jaringan seamless ini ternyata dihadirkan oleh operator terbesar di Indonesia. Namun sebagian dari kalian mungkin belum benar-benar mengerti apa itu jaringan seamless dan mengapa harus menggunakan jaringan tersebut.

Sebenarnya jaringan seamless ini sangat erat hubungannya dengan kualitas layanan yang diberikan operator. Jika kamu belum mengetahui dengan jelas alasan dibalik penggunaan jaringan seamless, dibawah ini akan dijelaskan ulasannya.

Meskipun pembahasan kali ini akan cenderung sangat teknis, namun setidaknya kamu akan mengerti gambaran dari layanan seamless ini.

Langsung saja, berikut adalah alasannya.

Jaringan telekomunikasi juga bisa ‘macet’

Sumber Gambar : Tek.id

Beberapa hal utama dan yang paling berpengaruh dengan  kualitas internet yang diberikan memang harus sangat diperhatikan.

Seperti jumlah pengguna, kapasitas dan trafik, ini adalah 3 faktor utama yang sangat tidak bisa dilepaskan dari  layanan kualitas internet.

Agar lebih mudah, kalian ibaratkan saja kapasitas sebagai sebuah jalan dan pengguna disini bisa diibartkan sebagai mobil yang melaju di sebuah jalan. Jadi memang saling berpengaruh satu sama lain.

Contoh halnya seperti ini, jika jalan yang hanya memiliki lebar 5 meter diisi dengan satu mobil saja, tentuanya mobil tersebut akan lebih leluasa untuk berkendara.

Namun jika akhirnya banyak mobil yang melaju di jalan yang hanya mempunyai lebar 5 meter tersebut, lalu apa yang terjadi? Tentunya akan terjadi kemacetan yang sangat membosankan bukan?

Nah, contoh diatas yang terjadi juga pada jaringan telekomunikasi. Jika semakin banyak orang yang mengakses internet di waktu yang bersamaan, maka kualitas internetpun menjadi sangat lemot dan macet.

Jadi diperlukan jalan yang lebih luas untuk dapat melacarkan arus internet tersebut, yaitu salah satunya dengan menggunakan jaringan seamless ini.

Mengadopsi teknologi traffic offloading

Sumber Gambar : ResearchGate

Sebagai pengguna internet, tentunya kamu slalu menuntut untuk memiliki jaringan yang stabil dan tidak lemot bukan? apalagi sampai jaringan down pasti kamu akan merasa sangat kesal.

Dan untuk mengantisipasi hal ini, operator pun harus memutar otak dan tentunya mengeluarkan uang tidak sedikit.

Akhirnya sebuah alternatif pun muncul, yaitu dengan menggunakan teknologi traffic offloading.

Teknologi traffic offloading ini merupakan sebuah cara untuk menumpangkan sebuah data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Contohnya seperti ini, jika jaringan 4G pada sebuah operator di suatu cluster sudah memenuhi kuota, maka pengguna yang baru akan mengisi saluran ini dan akan dipindahkan ke jaringan 3G ataupun sebaliknya. Namun cara ini hanya berlaku sesama operator.

Sebenarnya uji coba tentang jaringan traffic offloading ini memang sudah banyak digunakan. Namun sayangnya di Indonesia sendiri baru terdapat satu operator yang menerapkan layanan tersebut.

Tanpa kita sebutkanpun, pastinya kalian tahu penyedia layanan mana yang telah menggunakan skema traffic offloading ini.

Sumber Gambar : Harian Fadhil

Hal lain yang perlu kalian ketahui juga, layanan traffic offloadig yang hadir di Indonesia ini ternyata belum maksimal untuk sistem kerjanya. Harusnya secara ideal layanan ini bisa dilakukan secara otomatis.

Kenyataannya yang berjalan sekarang adalah, pengguna masih harus melakukan pemindahan data secara manual, meskipun cara tersebut boleh saja dilakukan.

Nah itu dia sedikit penjeasan singkat, tentang alasan mengapa jaringan seamleass harus digunakan.

    %d blogger menyukai ini: