Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Mengatasi Kursor Laptop/Komputer yang Bergerak Sendiri

Indri Penulis

Kursormu tiba-tiba bergerak sendiri? Tenang, kamu bisa coba beberapa cara mengatasi kursor yang bergerak sendiri berikut ini.

Saat sedang asyik-asyiknya bermain laptop/komputer, kamu pernah nggak dikejutkan dengan aktivitas kursor yang nggak biasa? Misalnya kursormu tiba-tiba bergerak atau bergetar dengan sendirinya, padahal kamu nggak sedang mengoperasikannya.

Duh, pasti kesannya horror ya? Hihihihi. Jangan-jangan ada hantu yang sedang menggerakkan kursormu? Atau jangan-jangan, perangkatmu sedang di-hack orang lain?

Dari pada berspekulasi yang tidak-tidak, mending kamu coba cara mengatasi kursor yang tiba-tiba bergerak sendiri berikut ini deh.

Restart Laptop

Proses restart selalu menjadi andalan saat terjadi error pada laptop/komputer. Kursor yang tiba-tiba bergerak sendiri bisa jadi disebabkan karena masalah sistem. Apalagi kalau laptop/komputermu sudah kamu pakai dalam waktu lama.

Sumber : Twitter

Kalau misalnya setelah melakukan restart tapi kursor masih error, kamu bisa langsung coba cara yang selanjutnya.

Periksa Kondisi Charger dan Baterai

Jika kursormu bergerak sendiri saat laptop tengah di-charge, mungkin masalahnya ada pada kelistrikan. Lalu bagaimana solusinya?

Sumber : Techidence

Ada 4 hal yang bisa kamu lakukan yakni melepas charger dari colokan, melepas baterai lalu charge laptop (dalam kondisi tanpa baterai), pindah ke colokan listrik lainnya, atau coba pakai charger laptop lain yang kompatibel.

Nonaktifkan Touchpad

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk atasi kursor bergerak sendiri adalah dengan menonaktifkan touchpad. Cara ini perlu kamu lakukan, terutama jika touchpad-mu sudah mulai rusak.

Sumber : PriceBook

Cara menonaktifkan touchpad sebenarnya berbeda-beda, tergantung merk laptopmu. Bisa lewat tombol F7, kombinasi “CTRL + F7,” pengaturan Windows Settings, Device Manager, dll.

Khusus Buat yang Pakai Mouse

Tips ini cuma berlaku kalau kamu pakai mouse. Cara pertama bisa kamu lakukan jika menggunakan mouse kabel. Pertama coba cek bagian kabel. Pastikan nggak ada bagian kabel yang kusut, tertekuk atau bahkan robek. Kalau kondisi kabel mouse-mu baik-baik saja, sekarang coba pindahkan USB mouse ke port lainnya.

Baca Juga:  3 Tips dan Cara Membersihkan Mouse yang Kotor Biar Awet

Sedangkan kalau kamu menggunakan mouse wireless, coba pindahkan colokan mouse-mu ke port lainnya. Atau jika tidak, ganti baterai mouse-mu dengan yang baru. Sebab biasanya kalau baterai mouse mau habis, dia suka error sendiri.

Terakhir, kamu bisa coba pakai mouse lain. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengetes, apakah mouse-mu rusak atau tidak.